Makanan untuk Sistem Imun
Oleh 14 September 2016

Makanan untuk Sistem Imun

Ingin tahu makanan apa saja yang baik untuk kekebalan tubuh? Berikut adalah lima yang terbaik.

#1 Jamur Shiitake

Jamur shiitake berasal dari Jepang dan China, telah digunakan sebagai makanan dan obat tradisional sejak ribuan tahun. Jamur shiitake mengandung lentinan, selenium dan vitamin D3.

Lentinan

Polisakarida yang dipercaya menjadi properti pendukung sistem imun pada jamur shitake.

Selenium

Mineral antioksidan penting.

Vitamin D3

Vitamin D menambah respon sistem imun terhadap bakteri dan virus.

Jamur shiitake memiliki rasa yang sederhana dan bisa menjadi tambahan menarik untuk sup dan tumisan.

#2 Kacang

Kacang-kacangan (nuts) adalah salah satu sumber terbaik untuk vitamin E. Vitamin E adalah antioksidan yang kuat dan dapat membantu fungsi imun dan ketahanan terhadap infeksi bakteri. Pilihlah kacang-kacangan terutama almond, walnut, Brazil nut (linking ke artikel 103.2), dan pecan. Usahakan konsumsi segenggam kacang-kacangan setiap hari dan pilihlah kacang mentah tanpa garam daripada kacang panggang karena kandungan vitamin E dapat hilang hingga 55 persen saat proses pemanggangan.

#3 Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling bergizi. Manfaatnya terhadap sistem imun adalah berkat kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti halnya vitamin E, vitamin C merupakan antioksidan yang kuat dan juga membantu regenerasi vitamin E.

Vitamin C berperan memperbaiki fungsi imun dan tingkat vitamin C dapat menurun ketika kita mengalami infeksi, seperti saat pilek dan flu. Alergi (linking ke artikel 103.3) dapat menyebabkan meningkatnya kebutuhan kita akan vitamin C. Penderita alergi harus memasukan makanan yang kaya akan vitamin C seperti brokoli ke dalam diet mereka.

Ketika Anda memasak dengan brokoli, penting untuk diingat agar tidak memasaknya terlalu lama. Hal tersebut dapat menghilangkan kadar vitamin C dalam persentase yang cukup tinggi. Brokoli nikmat disantap dengan dikukus atau ditambahkan ke dalam tumisan.

#4 Ubi

Ubi adalah makanan yang harus dikonsumsi untuk sistem imun karena mengandung betacarotene. Betacarotene adalah pelopor vitamin A, akan dikonversikan dalam tubuh sebagaimana dibutuhkan. Betacarotene dan vitamin A dapat membantu menguatkan fungsi sistem imun. Betacarotene dan vitamin A dalah antioksidan dengan betacarotene sebagai antioksidan yang lebih kuat di antara keduanya.

Terdapat seribu satu cara untuk memasak ubi. Anda bisa mencoba sweet potato mash dengan cracked black pepper, sea salt dan rosemary.

#5 Tiram

Tiram adalah salah satu sumber seng terkaya. Mineral esensial ini baik untuk membantu imun tubuh karena terlibat hampir di setiap aspek imunitas. Asupan seng yang cukup sangatlah penting untuk fungsi sel imun yang baik dan untuk mengurangi risiko infeksi. Nikmati tiram secara alami dengan perasan air limun dan cracked black pepper atau dengan saus Tabasco.


Makanan untuk Sistem Imun originally appeared on :
Article & product discussion / comment