Penderita Asma Bisa Bernapas Lega dengan Vitamin C
Oleh 02 June 2016

Penderita Asma Bisa Bernapas Lega dengan Vitamin C

Peneliti asal Inggris telah menemukan hubungan antara kambuhnya asma dan pengonsumsian buah.

Semakin banyak kandungan vitamin C dan mangan dalam diet anda, semakin kecil kemungkinan Anda terserang asma. Hal tersebut disampaikan oleh para peneliti dari Cambridge University.

Melanjutkan studi sebelumnya yang menghubungkan asupan antioksidan – terutama vitamin C dan E – dengan asma, penelitian di tahun 2010 ini menunjukkan bahwa peserta yang menaikkan dosis vitamin C mengalami penurunan gejala asma sebesar dua belas persen. Sementara penaikan dosis mangan mengurangi timbulnya gejala sebesar lima belas persen.

Para peneliti kemudian mengonversikan hasil tersebut ke dalam besaran makanan. Mereka menyimpulkan bahwa konsumsi jeruk dalam jumlah sedang (kira-kira 0,7 hingga 46,2 gram per hari) dapat menurunkan risiko asma sebesar dua belas persen. Sedangkan konsumsi dalam jumlah tinggi (di atas 46,3 gram per hari) dapat menurunkan risiko hingga 41 persen.

“Pengamatan kami konsisten dengan laporan sebelumnya mengenai perbandingan terbalik antara ransum buah (vitamin C) dan kondisi pernapasan,” papar peneliti.

Mekanisme aktif dalam vitamin C dan mangan disebut sebagai sifat alami keduanya, terutama enzim superoxyde dismutase yang ditemukan pada mangan. Berdasarkan studi yang dilakukan, enzim tersebut juga dapat membantu menurunkan frekuensi kambuhnya penyakit paru-paru lainnya.


Penderita Asma Bisa Bernapas Lega dengan Vitamin C originally appeared on :
Article & product discussion / comment