Mengejar Pencapaian Tertinggi dalam Berlari
Oleh 10 August 2016

Mengejar Pencapaian Tertinggi dalam Berlari

Ada sesuatu tentang perasaan yang berasal dari aktivitas berlari yang baik dalam waktu yang lama. Dan itu lebih dari sekadar rasa pencapaian. Personal trainer Andrew Cate menjelaskan semua mengenai pencapaian tertinggi dalam berlari atau yang sering disebut sebagai ‘runner’s high’ ini dan apa yang bisa Anda lakukan untuk dapat merasakannya.

Di samping segudang manfaatnya, latihan daya tahan masih tetap bisa menimbulkan stres bagi tubuh Anda dan bisa memicu pelepasan beragam hormon yang dapat membantu tubuh Anda dalam menanganinya, sama seperti saat Anda mengalami stres secara mental. Hormon-hormon tersebut dapat menjelaskan beberapa dampak psychophysical dari latihan daya tahan, termasuk mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi persepsi rasa nyeri.

Runner’s high menggambarkan perasaan menyenangkan yang dahsyat dan keharmonisan dari dalam yang dialami sebagian orang selama berlari dalam waktu yang panjang. Teori dasarnya adalah runner’s high dipicu oleh hormon endorfin. Endorfin adalah ‘morifn alami’ yang dihasilkan tubuh untuk meredakan rasa nyeri, dan dapat menyebabkan natural high atau suatu kondisi yang mendekati euforia.

Riset

Sebuah riset tahun 2008 yang dimuat di jurnal Cerebral Cortex menggunakan teknik pencitraan mutakhir untuk memindai otak para atlet setelah melakukan jogging selama dua jam untuk menjelaskan apa itu runner’s high.

Dibandingkan dengan pengukuran dasar, para peneliti menemukan bahwa olahraga memicu peningkatan aktivitas reseptor kepuasan dalam otak, dan peningkatan tersebut terjadi secara signifikan hingga pada tingkat euforia.

Para peneliti juga mendiskusikan studi terdahulu yang menunjukkan peningkatan endorfin darah sebesar lima kali lipat setelah latihan fisik.

Mekanisme pasti mengenai apa yang menghasilkan runner’s high belum mencapai seratus persen, sehingga hingga kini masih ada kesangsian mengenai keberadaannya.

Tips Praktis untuk Mencapai Runner’s High

Berikut adalah beberapa tips penting jika Anda ingin mengejar pencapaian tertinggi dalam berlari.

  • Berlari dalam waktu yang lama – Sebuah studi melibatkan para atlet yang melakukan jogging selama 120 menit. Semakin lama durasi Anda melakukan kegiatan, semakin besar kemungkinan timbulnya respon terbaik. Meskipun demikian, durasi singkat juga masih bisa memberikan efek meningkatkan suasana hati.
  • Awas terhadap perbedaan individu – Fenomena runner’s high adalah pengalaman unik yang bisa dirasakan secara berbeda oleh masing-masing individu. Hal tersebut karena masing-masing individu memiliki tingkat toleransi latihan dan suasana hati yang berbeda.
  • Percobaan – Akibat perbedaan individu, mencoba variasi durasi latihan, intensitas dan bahkan tipe latihan yang berbeda dapat membantu Anda mendapatkan bentuk latihan yang menimbulkan respon terbaik. Apa yang secara umum disebut sebagai runner’s high dapat dinikmati oleh individu dalam bentuk aktivitas daya tahan kardiovaskular lainnya seperti berenang, bersepeda, dan mendayung.
  • Jangan memaksakan diri – Ketika endorfin terlepas selama latihan daya tahan, persepsi terhadap rasa nyeri berkurang sehingga memungkinkan seseorang mengabaikan sinyal kelelahan dan malah mencederai diri sendiri. Waspadalah terhadap batas diri Anda, selingi hari latihan dalam waktu yang lama dengan hari latihan ringan, cross training dan istirahat yang cukup.

 


Mengejar Pencapaian Tertinggi dalam Berlari originally appeared on :
Article & product discussion / comment