Efek Antioksidan yang Menjanjikan dengan CoQ10
Oleh 02 June 2016

Efek Antioksidan yang Menjanjikan dengan CoQ10

Studi baru-baru ini telah menemukan efek antioksidan menjanjikan menggunakan CoQ10 sebagai suplemen pada penderita penyakit arteri koroner atau coronary artery disease (CAD)

Sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini telah menemukan efek antioksidan yang menjanjikan dengan memberi suplemen CoQ10 pada pasien dengan penyakit arteri koroner atau coronary artery disease (CAD). Studi melibatkan 43 pasien berkebangsaan Taiwan yang sudah tua yang didiagnosis CAD. Subjek dikelompokkan secara random ke kelompok plasebo, kelompok 60 mg CoQ10 per hari, atau kelompok 150 mg CoQ10 per hari. Pasien yang sedang menjalani terapi statin dikeluarkan dari kelompok (diketahui bahwa konsentrasi CoQ10 dapat menurun selama terapi statin).

 Penanda oxidative stress (MDA) diukur dan tingkatan ketiga enzim antioksidan juga diukur. Oxidative stress diduga memiliki kontribusi terhadap penyakit kronis dalam tubuh, sementara enzim antioksidan membantu lindungi dari bahaya radikal bebas. Studi tersebut menemukan bahwa pada kelompok 150 mg per hari, tingkat MDA lebih rendah secara signifikan setelah empat minggu dibandingkan saat permulaan studi, dan setelah 12 minggu, dua dari tiga enzim antioksidan memiliki tingkat yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelompok plasebo.

Author studi menyatakan bahwa mereka percaya dosis CoQ10 yang lebih tinggi memberikan efek antioksidan yang cepat dan bertahan lama pada pasien dengan CAD. Walau pun begitu, mereka mengatakan bahwa studi lanjutan dibutuhkan untuk menunjukkan apakah dosis yang lebih tinggi memiliki korelasi dengan manfaat klinis.


Efek Antioksidan yang Menjanjikan dengan CoQ10 originally appeared on :
Article & product discussion / comment