Konsumsi Minyak Ikan Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?
Oleh 01 November 2017

Konsumsi Minyak Ikan Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Minyak ikan (fish oil) memiliki banyak manfaat bagi tubuh lantaran mengandung asam lemak omega-3 yang terdiri dari EPA dan DHA.

Sebagian orang khawatir untuk mengonsumsi minyak ikan (fish oil) lantaran takut berat badan akan bertambah. Benarkah faktanya demikian?

Minyak ikan (fish oil) memiliki banyak manfaat bagi tubuh lantaran mengandung asam lemak omega-3 yang terdiri dari EPA dan DHA. Asam lemak ini sangat penting karena dapat membantu mencegah penyakit jantung, mengurangi keluhan nyeri pada peradangan sendi, serta perkembangan otak dan penglihatan anak.

Akan tetapi, sebagian orang masih ragu mengonsumsi minyak ikan karena khawatir akan kenaikan berat badan. Selain itu, beberapa orang juga beranggapan asam lemak omega-3 sama seperti sumber lemak lainnya. Bila dikonsumsi, dapat menambah timbunan lemak dalam tubuh dan membuat badan menjadi gemuk.  

Pada dasarnya minyak ikan (fish oil) merupakan salah satu sumber lemak omega-3 yang merupakan asam lemak esensial dan bernilai kalori yang tinggi. Berbeda dengan sumber lemak lainnya, di mana kalori yang tinggi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk metabolisme di dalam tubuh. Selain itu juga dapat meningkatkan pembakaran lemak khususnya di bagian perut.

Penelitian di Amerika menunjukkan bahwa fish oil dapat membantu mengatasi obesitas. Meski masih perlu ditelaah lebih lanjut, hal tersebut dapat menjadi salah satu jalan keluar untuk menurunkan berat badan.

Kendati demikian, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi minyak ikan sebanyak mungkin setiap harinya. Tetap ada batasan dosis yang aman untuk mendapatkan beragam manfaatnya tersebut.

American Heart Association (AHA) menganjurkan setiap orang, terutama wanita hamil dan menyusui, untuk mengonsumsi omega-3 harian sebanyak 500 mg–3 gram per hari. Omega-3 dalam minyak ikan dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung atau mengonsumsi suplemen yang mengandung fish oil.

Terlepas dari semua itu, untuk mendapatkan hasil maksimal tak cukup hanya mengonsumsi minyak ikan setiap harinya. Anda tetap perlu melakukan aktivitas fisik secara rutin, makan makanan bergizi seimbang dan tidak melakukan kebiasaan yang merugikan kesehatan seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Bila semua hal tersebut dikombinasikan, manfaat minyak ikan bagi tubuh akan semakin besar didapatkan.

Jadi mulailah mengonsumsi minyak ikan setiap hari, baik melalui konsumsi ikan maupun suplemen yang mengandung fish oil.  Selama masih dalam dosis yang aman, berat badan Anda tak akan bergerak naik.

(DA/ RH)

Sumber:

 


Article & product discussion / comment