Makanan Laut dan Kesehatan Jantung Pria
Oleh 22 March 2017

Makanan Laut dan Kesehatan Jantung Pria

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat melindungi pria terhadap nyeri dada, diselidiki oleh Andrew Cate

Bagaimana cara lemak omega-3  melindungi jantung Anda?

Ada berbagai macam manfaat kesehatan bagi jantung yang terkait dengan asam lemak omega-3 pada ikan. Beberapa manfaat tersebut meliputi:

  • meningkatkan kadar trigliserida darah
  • pemeliharaan kesehatan denyut jantung
  • meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan menjaga fleksibilitas pembuluh darah
  • efek anti-inflamasi

 

Sebuah studi di Denmark pada tahun 2009 telah menemukan manfaat baru kesehatan jantung melalui asupan makanan lemak omega-3 pada pria - penurunan risiko sindrom koroner akut (ACS). ACS merupakan istilah umum untuk berbagai gangguan dan gejala termasuk angina tidak stabil dan sakit dada.

Apakah Anda tahu?


Ada berbagai macam manfaat kesehatan jantung yang terkait dengan asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan, termasuk peningkatan lemak darah, fleksibilitas pembuluh darah dan arteri, dan pemeliharaan kesehatan denyut jantung.

Penelitian

Penelitian selama 7,6 tahun menemukan bahwa peningkatan asupan asam lemak omega-3 lebih dari 400 mg setiap hari mengurangi risiko beberapa kondisi jantung pada pria sehat sampai dengan 15%. Lihat pedoman gizi di bawah ini yang menunjukkan bagaimana mencapainya.

Penelitian ini juga menemukan bahwa asupan di atas 400 mg setiap hari tidak ada hubungan dosis-respons antara konsumsi omega-3 lemak dan ACS. Dengan kata lain, asupan ikan yang lebih tinggi itu tidak terkait dengan pengurangan risiko lebih lanjut.

Ketiga jenis lemak omega-3 yang dikaji dalam penelitian ini meliputi asam eicosapentaenoic (EPA), asam docosapentaenoic (DPA), dan asam docosahexaenoic (DHA).

Penelitian lain pada tahun 2009 yang dipublikasikan dalam European Heart Journal, lebih dari 39.000 pria Swedia menemukan bahwa konsumsi lemak omega-3 dari ikan dikaitkan dengan rendahnya tingkat gagal jantung. Konsumsi sedang digambarkan sebagai makan ikan yang kaya lemak omega-3 1 - 2 kali seminggu. Para peneliti juga menemukan bahwa tidak ada manfaat tambahan dari ikan yang lebih banyak.

Apakah Anda tahu?


Penelitian telah menunjukkan bahwa pria dengan konsumsi lemak omega-3 yang sedang dari ikan, memiliki tingkat gagal jantung lebih rendah.

Tips praktis untuk mendapatkan lemak omega-3

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan ikan tinggi lemak omega-3 sekali atau dua kali seminggu memiliki manfaat kesehatan jantung yang nyata untuk laki-laki. Disamping manfaat kesehatannya, ikan dan seafood adalah makanan yang lezat untuk diet Anda - berikut beberapa tips:

 

  • Makan malam - Makan 1 porsi (setidaknya 100 g) ikan air dingin 1-2 kali seminggu
  • Sandwich - Gunakan ikan kaleng ke dalam sandwich 1-2 kali seminggu
  • Salad - Gunakan ikan kaleng dalam salad 1-2 kali seminggu
  • Makan siang - Makan jenis makanan laut, seperti udang, gurita, cumi-cumi, kerang dan tiram, 1-2 kali seminggu,
  • Hindari yang kurang bermanfaat - makan gorengan, cemilan renyah (crispy) atau remah seafood goreng

 

Apakah Anda tahu?

 

Untuk mendapatkan lemak omega-3 yang cukup dalam diet Anda, makan ikan 1-2 kali setiap minggu, dan gunakan ikan kalengan ke dalam sandwich atau salad sesekali.

 


Makanan Laut dan Kesehatan Jantung Pria originally appeared on :
Article & product discussion / comment