Manfaat Fish Oil untuk Penyakit Jantung
Oleh 01 November 2017

Manfaat Fish Oil untuk Penyakit Jantung

Minyak ikan (fish oil) disebut memiliki banyak manfaat, terutama untuk mengatasi penyakit jantung.

Hingga saat ini, penyakit jantung masih menjadi momok bagi banyak orang. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia, selain penyakit stroke.

Beberapa dekade sebelumnya, penyakit jantung umumnya dialami oleh mereka yang berusia di atas 45 tahun. Namun kini, tidak sedikit kasus serangan jantung atau gagal jantung terjadi pada mereka yang berusia muda.

Hal tersebut terjadi akibat pola hidup tidak sehat, seperti kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat, menjamurnya makanan siap saji yang tinggi kolesterol dan garam, serta kebiasaan-kebiasaan lain yang merugikan kesehatan. Misalnya kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Lantas, adakah cara untuk berkelit dari penyakit jantung atau serangan jantung?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, beberapa tahun terakhir para peneliti mencoba meneliti lebih jauh asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak yang terdiri dari docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Berbeda dengan lemak pada umumnya yang berbahaya bila menumpuk di dalam pembuluh darah, kedua asam lemak dalam omega-3 justru baik bagi tubuh.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi omega-3 dapat menurunkan risiko gagal jantung dan gangguan irama jantung. Pada penderita penyakit jantung, konsumsi rutin omega-3 dapat memperbaiki gejala sehingga tidak terlampau mengganggu aktivitas penderitanya.

Tidak berhenti disitu, omega-3 diketahui memiliki manfaat lain seperti membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah. Asam lemak ini juga turut  mengurangi nyeri sendi pada penderita radang sendi (artritis) dan membantu memperbaiki kondisi pada penderita depresi.

Karena berbagai manfaatnya tersebut, American Heart Association merekomendasikan konsumsi omega-3 minimal dua kali seminggu. Jumlah yang aman untuk dikonsumsi sekitar 3 gram per hari.

Sumber utama omega-3 antara lain adalah minyak ikan (fish oil) dan makanan laut seperti salmon, sarden, dan makarel. Suplemen yang mengandung fish oil juga dapat dikonsumsi untuk memastikan asupan omega-3 tercukupi setiap harinya.

Melihat kandungan omega-3 dalam fish oil ternyata memiliki banyak manfaat terutama untuk penyakit jantung. Mulailah menambahkan makanan atau suplemen yang mengandung fish oil ke dalam menu sehari-hari Anda untuk mendapatkan manfaatnya.

(DA/ RH)

Sumber:

The Facts on Omega-3 Fatty Acids. Available from https://www.webmd.com/healthy-aging/omega-3-fatty-acids-fact-sheet#1


Article & product discussion / comment