Panduan Untuk Jantung Sehat
Oleh 02 June 2016

Panduan Untuk Jantung Sehat

Penyakit kardiovaskular sering menjadi penyebab utama kematian. Hal tersebut dapat dicegah dengan beberapa manajemen faktor risiko sederhana.

Manajemen Risiko

 

Matikan rokok

Merokok akan meningkatkan risiko serangan jantung 2 sampai 3 kali lebih tinggi dari orang yang tidak merokok.

Ketahui tekanan darah anda

Tekanan darah yang meningkat dapat menambah stres pada jantung dan pembuluh darah. Periksakan tekanan darah anda secara teratur.

Kolesterol

Peningkatan kadar darah kolesterol, terutama kolesterol LDL, berkontribusi pada penyakit Kardiovaskular (CVD). Kolesterol LDL, juga dikenal sebagai kolesterol "buruk", Membawa kepada tumpukan lemak di arteri dan mengganggu sirkulasi.

Mengontrol lingkar pinggang pada masyarakat paruh baya

Kita adalah populasi yang 'berkembang'. National Health Survey tahun 2004-05 menemukan bahwa proporsi orang-orang yang diklasifikasikan berat badan berlebih paling tinggi pada kelompok orang yang lebih tua dan jumlah orang yang diklasifikan sebagai berat badan berlebih telah meningkat dibandingkan survei sebelumnya. Risiko Anda terkena CVD meningkat apabila ukuran pinggang anda lebih dari 94 cm untuk pria dan 80 cm untuk wanita.

Kurangi lemak dan hindari garam

Pola makan yang tinggi kandungan lemak jenuh dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Lemak jenuh ditemukan pada potongan lemak di daging, produk full fat dairy dan makanan-makanan yang digoreng. Pola makan dengan kadar garam tinggi dapat menyebabkan Anda mengalami peningkatan risiko tekanan darah tinggi.

Fakta-fakta Jantung

  • Jantung adalah organ berotot yang berukuran sekepalan tangan.
  • Selama satu hari jantung Anda berdetak sekitar 100.000 kali.
  • Istilah kardio, berarti "terkait dengan jantung", datang dari bahasa Yunani kardia, yang berarti jantung.

 

Top Tips untuk Jantung Bahagia dan sehat

Makanan untuk menutrisi jantung Anda

Anda telah mengetahui untuk memerhatikan asupan lemak jenuh dan garam. Jadi, makanan apa yang dapat membantu kesehatan jantung Anda? Pola makan Anda harus mencakup makanan berikut:

  • Ikan – seperti salmon, makerel, sardin, dan ikan asin memiliki kadar asam lemak Omega-3. Lemak "baik" ini membantu menurunkan trigliserida, menjaga aliran darah, dan elastisitas pembuluh darah.
  • Gandum utuh – yang tinggi serat, penting untuk memelihara kadar kolesterol yang sehat.
  • Sayur & buah segar – memakan berbagai jenis makanan segar tersebut dapat memberikan sejumlah nutrisi, termasuk antioksidan, selain itu sayur dan buat juga tinggi serat.
  • Kacang-kacangan – merupakan sumber protein dan serat makanan yang banyak.
  • kacang mentah dan biji-bijian – memberikan lemak esensial, vitamin, dan mineral.
  • Bawang putih dan bawang merah – dapat membantu memelihara kolesterol yang sehat.

Sebagai bonus? Pola makan yang lebih sehat dapat membuat lingkar pinggang Anda lebih ramping.

 

Bergerak!

Olahraga teratur penting untuk mencegah CVD. Targetkan 30 menit untuk berolahraga setiap hari dengan cara menggabungkan dengan aktivitas yang Anda sukai. Apabila Anda sudah lama tidak berolahraga, sebaiknya Anda melakukan check up terlebih dahulu dengan profesional kesehatan sebelum mulai lagi berolahraga.


Panduan Untuk Jantung Sehat originally appeared on :
Article & product discussion / comment