Riset Koenzim Mendukung Klaim Kesehatan Jantung
Oleh 02 June 2016

Riset Koenzim Mendukung Klaim Kesehatan Jantung

European Heart Journal telah mempublikasikan hasil yang membahagiakan tentang CoQ10 dan manfaatnya untuk jantung.

Menurut riset yang dilakukan, mengonsumsi coenzyme Q10 (CoQ10) sebagai suplemen dapat meningkatkan enzim antioksidan dan meningkatkan fungsi endothelial untuk menopang kesehatan jantung. Studi yang dilakukan, sebagaimana dipublikasikan di European Heart Journal, menyatakan “Hasil riset … mengindikasikan bahwa suplemen CoQ10 secara oral … memiliki efek yang menguntungkan, yang dapat dikaitkan dengan peran bioenergetic dari quinone atau sifat-sifat antioksidan yang dimiliki”

Para periset, dipimpin oleh Luca Tiano dari Polytechnic University of the Marche Itali, mengadakan sebuah trial plasebo yang diacak. Pada trial tersebut subjek penderita dibagi menjadi dua kelompok. Selama satu periode selama sebulan, kelompok pertama menerima 100 mg CoQ10 per hari, sementara kelompok lainnya menerima plasebo.

Penemuan dari studi menunjukkan bahwa aktivitas enzim antioksidan seperti ecSOD (extracellular superoxide dismutase), pada dinding pembuluh darah meningkat dari 17,3+1,7 ke 22,4+1,3 U/mL/min pada kelompok yang diberi perlakuan; dibandingkan dengan kenaikan dari 16,6+1,6 ke 17,3+1,6 U/mL/min pada kelompok yang tidak diberi perlakuan.

 “Efek CoQ10 terhadap kenaikan tingkat ecSOD merepresentasikan pengamatan baru”, komentar riset tersebut.

Extracellular superoxide dismutase mendasari sistem enzim antioksidan utama pada dinding pembuluh darah.

 


Riset Koenzim Mendukung Klaim Kesehatan Jantung originally appeared on :
Article & product discussion / comment