Minyak Ikan : Apa Manfaatnya Bagi Anda ?
Oleh 01 August 2017

Minyak Ikan : Apa Manfaatnya Bagi Anda ?

Dengan menambahkan minyak ikan pada diet dapat memperbaiki keseimbangan tubuh. Informasi mengenai manfaat minyak ikan mungkin dapat membingungkan, sehingga berikut ini beberapa alasan penting mengonsumsi ikan.

Kehamilan dan minyak ikan


Ibu hamil yang mengonsumsi minyak ikan telah terbukti melahirkan bayi dengan koordinasi mata dan tangan yang lebih baik.


Menurut Profesor Andrew Sinclair dari Deakin University, sebuah studi dari University of Western Australia yang melibatkan 98 wanita hamil menemukan perkembangan  yang signifikan pada koordinasi tangan-mata seluruh balita yang ibunya mengonsumsi suplemen minyak ikan selama kehamilan .


" Penelitian ini juga menunjukkan beberapa peningkatan kemampuan otak dan kosakata , " kata Sinclair . " Tiga bulan terakhir kehamilan dianggap waktu yang utama untuk asupan minyak ikan karena pertumbuhan otak manusia lebih pesat pada masa ini. Omega -3 merupakan bagian penting dari diet kita untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, sedangkan hanya sedikit orang yang makan ikan yang cukup atau mengonsumsi suplemen omega-3 . "


Demikian pula , penelitian terbaru dari Kanada melaporkan bahwa peningkatan asupan omega - 3 DHA selama kehamilan mampu meningkatkan fungsi motorik pada anak di kemudian hari .


Dalam studi yang sama, terjadi peningkatan juga pada penglihatan, kognitif (pertumbuhan aktivitas berhubungan dengan otak), dan perkembangan motorik yang lebih baik.

Kesehatan Jantung

Minyak ikan telah terbukti membantu aliran darah lebih baik , juga menjaga tekanan darah dan kadar trigliserida darah.


Omega - 3 merupakan asam lemak esensial, juga dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) serta peningkatan irama jantung .

 

Fungsi Otak

Minyak ikan sangat terkait dengan peningkatan kinerja kognitif (aktivitas berhubungan dengan otak) yang lebih baik dan mengurangi tingkat penurunan fungsi kognitif sejalan dengan bertambahnya usia.

Dua penelitian yang diterbitkan tahun lalu dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa konsumsi rutin makanan yang kaya omega - 3  bisa mencegah penurunan fungsi kognitif sejalan pertambahan usia.

Kesehatan Sendi

Asam lemak omega - 3 EPA telah terbukti membantu mengurangi peradangan dan nyeri arthritis (pembengkakan dan kekakuan pada sendi).

Pengaturan Mood

Penelitian tentang omega-3 melaporkan bahwa suplemen minyak ikan dapat menghasilkan perbaikan perilaku dan pembelajaran pada anak-anak.

Sebuah studi dari Perancis yang diterbitkan awal tahun ini dalam American Journal of Clinical Nutrition yang terkait dengan EPA dan DHA menunjukkan manfaat dalam mengobati suasana hati yang sedang tidak baik.

Mengenai DHA :

Docosahexaenoic acid ( DHA ) terdapat dalam jumlah tinggi di dalam otak . DHA meliputi 40-50 persen jaringan otak dan 60 persen dari retina. DHA adalah asam lemak tak jenuh yang ada di dalam otak orang dewasa  dan itu sangat penting untuk perkembangan saraf yang sehat .

Mengenai EPA :

Eicosapentaenoic acid (EPA) berperan dalam produksi prostaglandin, hormon yang juga terlibat dalam jalur inflamasi tubuh. Hal ini diduga menjadi alasan bahwa EPA merupakan agen yang efektif untuk kondisi seperti arthritis, juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.


Article & product discussion / comment