Asam Lemak Esensial Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak (Berdasarkan Hasil Penelitian)
Oleh 02 June 2016

Asam Lemak Esensial Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak (Berdasarkan Hasil Penelitian)

Dua penelitian melaporkan konsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 secara teratur membantu menunda penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Penelitian yang mendukung  bahwa asupan makanan yang kaya Omega-3 secara rutin memiliki efek perlindungan otak.

Dipimpin oleh Dutch National Institute untuk Kesehatan Masyarakat, penelitian pertama menilai fungsi otak 210 pria berusia 70-89, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 400mg asam lemak omega-3 EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) memiliki lebih sedikit penurunan kognitif dibandingkan mereka yang mengonsumsi asupan 20mg saja.

"Untuk mencegah kematian akibat penyakit kardiovaskuler, American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan (sebaiknya ikan berlemak) setidaknya dua kali seminggu," kata para penulis. "Rekomendasi itu sesuai dengan hasil penelitian ini."

Peneltian kedua, yang dijalankan oleh University of North Carolina, menyelidiki manfaat Omega-3 dengan cara membandingkan adanya kandungan asam lemak dalam darah dengan penurunan kognitif pada 2251 orang Kaukasia, dilaporkan bahwa asupan omega-3 yang lebih besar dapat mencegah penurunan fungsi bicara.

"Subyek yang mengalami peningkatan stres oksidatif ... sebaiknya memperkaya diet mereka dengan omega-3 asam lemak tak jenuh tinggi, yang sebagian besar ditemukan dalam ikan air dingin dan makanan laut lainnya," tulis para peneliti.

Meskipun Omega-3 terkandung pada makanan nabati dan laut, asam lemak Omega-3 yang bersumber dari laut pada umumnya dianggap memiliki bukti manfaat kesehatan yang terbaik (termasuk mengurangi risiko penyakit jantung).

Sumber Makanan yang mengandung Omega-3 :

  • Minyak Canola dan Kedelai
  • Margarine terbuat dari canol
  • Ikan Salmon Atlantik
  • Ikan Mackerel
  • Ikan Tuna Sirip Biru
  • Ikan Trevally
  • Ikan Sarden

Asam Lemak Esensial Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak (Berdasarkan Hasil Penelitian) originally appeared on :
Article & product discussion / comment