Hubungan Minyak Ikan dengan Kesehatan Otak
Oleh 02 June 2016

Hubungan Minyak Ikan dengan Kesehatan Otak

Pola diet mengonsumi ikan atau minyak ikan yang tinggi kadar omega-3 dipercaya bermanfaat bagi otak. Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana kapsul minyak ikan atau steak salmon membantu untuk menjaga kesehatan otak?

Asam lemak omega-3, khususnya Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) yang ditemukan pada ikan, memiliki sejumlah fungsi yang berbeda terkait dengan kesehatan otak.

Asam lemak ini dianggap sebagai komponen penting dari diet kita, karena tubuh tidak dapat mensintesis mereka dalam jumlah yang memadai.

 Uji klinis menunjukkan bahwa EPA dan DHA  memiliki manfaat terapi untuk fungsi kognitif seiring dengan pertambahan usia.

Asam Lemak memainkan peranan berbeda di dalam otak :

Struktur membran & fungsi

Zat tersebut membantu mempertahankan struktur dan fungsi membran neuron (sel-sel khusus di dalam otak), dan selubung mielin yang melapisi sel-sel saraf kita.

Zat tersebut memainkan peran penting dalam menjaga fluiditas membran neuron - yang bekerja dengan baik ketika mereka berada pada bentuk antara gel dan kristal cair. Fluiditas ini penting bagi fungsi membran dan sangat dipengaruhi oleh komposisi asam lemaknya.

Asam lemak yang membantu memperbaiki membran dapat didapatkan melalui makanan. Fluiditas membran berubah seiring bertambahnya usia.

Kimia Otak


Asam lemak omega-3 terlibat dalam aspek kimia otak (atau neurokimia). Zat ini berperan penting dalam produksi neurotransmitter, fungsi neurotransmitter, pelepasan, pengikatan dan peluruhan. Neurotransmiter adalah zat kimia yang mengantarkan pesan melalui saraf-saraf kita.

Mengirimkan Pesan


Asam lemak omega-3 juga dapat mempengaruhi aktivitas beberapa jenis neurotransmitter dan fungsi reseptor. Ini berarti bahwa omega-3 bisa memiliki efek langsung pada fungsi otak, serta suasana hati dan perilaku seseorang.

Asam lemak omega-3 juga berperan dalam produksi Eikosanoid yang mempengaruhi fungsi otak. Eikosanoid mengatur system peradangan dan imunitas dalam tubuh, dan juga berperan pada saat tidur dan neurotransmisi.

Pada saat perkembangan otak - telah ada studi yang menemukan hubungan positif antara tingginya konsumsi omega-3 dengan fungsi kognitif yang lebih baik.

References available on request

 


Hubungan Minyak Ikan dengan Kesehatan Otak originally appeared on :
Article & product discussion / comment