Menjaga Otak Agar Selalu dalam Kondisi Terbaik
Oleh 02 June 2016

Menjaga Otak Agar Selalu dalam Kondisi Terbaik

Mengurangi tingkat stres, menjaga pola makan, dan mengatur ritme hidup adalah kunci kesehatan otak.

Mengurangi Stres

“Ketika stres, tubuh mengalami penurunan vitamin B dan magnesium sehingga kadar kimia dalam tubuh tidak seimbang sehingga Anda tidak dapat berpikir jernih,” jelas ahli naturopathy Jennifer Jefferies. Jayashri Kulkarni, Profesor di Alfred Psychiatry Research Centre, memberikan gambaran yang bahkan lebih suram: “Stres menyebabkan kemunduran kinerja unduk-unduk, suatu bagian penting dalam otak yang berhubungan dengan ingatan.” Seperti bagaimana stres berkelanjutan dapat mengubah susunan otak secara permanen, maka mencari cara untuk menyalurkannya sangatlah penting, tambahnya.

Sebagai permulaan, menceritakan masalah dengan teman atau orang terdekat dapat memberi lebih banyak manfaat daripada yang kita ketahui. Dilaporkan bahwa bagi wanita, menceritakan masalah dapat melepas oxytocin, sebuah unsur kimia dengan efek menenangkan pada otak. Hal tersebut juga terjadi pada pria, tetapi terhalangi oleh kadar testosteron yang lebih tinggi sehingga dampaknya kurang berpengaruh. Kulkarni juga setuju dengan adanya kebenaran dalam hipotesis ketika seseorang menuangkan kegelisahannya ke dalam kata-kata dan menyampaikannya kepada orang lain, maka kekuatan yang memancing kegelisahan itu akan berkurang dengan sendirinya.

Seni Meditasi

Gangguan pikiran dan  kesulitan berpikir jernih dapat diatasi dengan meditasi. Ken Mellor, seorang spesialis yang juga pendiri Biame Network menjelaskan, “Apa yang orang-orang rasakan ketika mereka bermeditasi – baik itu memperhatikan napas mereka, apa yang terjadi pada tubuh mereka atau pada dunia di sekitar mereka – adalah menjadi lebih tenang.”

Mellor menambahkan, “Ketika Anda melakukan sesuatu dan Anda memperhatikan tiap momen dengan penuh kesadaran, maka itu adalah meditasi. Efeknya sama seperti mengaduk jus apel. Awalnya buram, tetapi begitu larutannya berhenti berputar dan tenang, perlahan menjadi jernih.” Bahkan hanya dengan dua menit meditasi dapat membuat perubahan. Oleh karena itu, pemula bisa mulai dari waktu yang singkat terlebih dahulu kemudian secara bertahap bertambah hingga dua puluh atau tiga puluh menit. “Dalam waktu singat, orang-orang akan merasakan keseimbangan dan kesejahteraan,” pungkasnya.

Makanan untuk Pikiran

“Makanan otak” yang baik tidak hanya benar-benar ada, tetapi juga benar-benar bekerja – dengan glukosa yang memegang peranan penting. Setelah mencerna makanan yang tinggi akan lemak atau gula, Anda akan mengalami ‘sugar rush’ yang disusul dengan kelelahan setelah kadar gula tersebut menurun karena tubuh membutuhkan asupan glukosa yang tetap secara terus-menerus untuk otak. Maka dari itu, pilihlah sumber makanan dengan indeks glycaemic rendah seperti avokad yang melepas energi ke dalam sistem tubuh secara perlahan.

Untuk menjaga sel-sel dalam otak, beri perhatian khusus pada keluarga antioksidan, seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, bluberi, bawang, dan akar buah bit segar. “Minum secangkir teh hijau setiap hari, menambahkan bawang putih ke dalam makanan, makan ikan tiga hingga empat kali dalam seminggu, dan mengganti camilan dengan segenggam almond setiap hari sudah termasuk menu yang baik untuk otak,” saran Jefferies.

Di samping itu, jangan lupakan peran air minum. “Kebanyakan orang tidak mampu berpikir jernih dan tidak memelihara pikiran mereka karena hal kecil, yaitu tidak minum cukup air yang berfungsi sebagai penghantar sinyal elektrik di dalam otak. Kinerja otak kita menjadi terbatas jika kita tidak mendapatkan asupan air yang memadai.”

Sebuah gagasan nutrisi

Jika mengisi piring dengan ikan sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu terlalu berlebihan untuk perut Anda, pertimbangkan untuk menggantinya dengan suplemen. Kaya akan asam lemak esensial omega-3, minyak ikan melindungi sel otak dengan menstabilkan membran. “Minyak ikan membentuk lapisan pelindung di sekitar membran, sama seperti cara kerja estrogen,” jelas Kulkarni. Bagi para vegetarian, flaxseed oil bisa menjadi alternatif yang cukup baik. Suplemen bermanfaat lainnya mengandung ginkgo dan koenzim Q10 sebagai pendorong daya ingat yang bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah sehingga oksigen sampai ke otak dengan baik.




Menjaga Otak Agar Selalu dalam Kondisi Terbaik originally appeared on :
Article & product discussion / comment