3 Tips Terbaik untuk Kesehatan Pencernaan
Oleh 12 August 2016

3 Tips Terbaik untuk Kesehatan Pencernaan

Coba beberapa langkah pencegahan mudah ini unutk menjaga kesehatan pencernaan yang lebih baik.

Seringkali tidak terlalu dipedulikan, menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh sama pentingnya dengan menjaga kesehatan jantung, tulang, dan keseluruhan tubuh. Pencernaan penting untuk mencerna makanan dan minuman yang Anda konsumsi untuk menggunakan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan gizi lainnya yang tubuh Anda butuhkan untuk energi, pertumbuhan, dan perbaikan.

Pencernaan yang buruk dapat menyebabkan masalah kesehatan yang menurunkan gizi dalam tubuh dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor dan kondisi kesehatan kronis. Namun, penyebab yang paling sering ditemui pada pencernaan yang buruk adalah gaya hidup yang tidak sehat. Cegah hal tersebut dengan tiga cara ini untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

 

  1. Makan dan menjaga pola makan sehat

Makan yang sehat tidak hanya berarti pola makan seimbang, tetapi juga membutuhkan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti sayuran, buah, gandum utuh atau sereal. Makanan tersebut dapat melancarakan jalur yang dilewati makanan dalam sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus Anda.

Batasi jumlah makanan olahan dalam pola makan Anda dan makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula.

Makanan olahan tidak hanya memiliki kadar gula dan pengawet yang tinggi, mereka juga hanya memiliki kandungan nutrisi yang sedikit.

Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan meminum banyak air selama sehari, dan hindari mengonsumsi alkohol dan minuman bersoda.

 

  1. Makan secukupnya, perlahan, dan secara teratur

Makan berlebihan atau dengan terburu-buru akan memberikan tekanan berlebihan pada sistem pencernaan Anda.

Proses pencernaan mulai di mulut Anda, bukan di perut. Pastikan Anda memakan dengan perlahan, mengunyah setiap makanan dengan baik untuk membantu perut Anda agar mencerna jumlah makanan yang lebih sedikit.

Makan secara teratur membantu menyiapkan tubuh Anda untuk makanan dan mencegah makan berlebihan karena lapar. Untuk mencegah rasa lapar yang diantara waktu makan, pertimbangkan untuk memakan lima sampai enam makanan porsi yang lebih kecil dengan cemilan untuk seharian, daripada tiga kali makan besar dalam sehari.

 

  1. Kurangi dan kelola tingkat stres Anda

Anda mungkin pernah mendengar frase “sakit hingga ke perut”? Ketika Anda merasa gugup atau tertekan, perasaan tidak enak di perut Anda bisa jadi merupakan akibat dari saraf-saraf di sistem pencernaan Anda.

Pada beberapa orang, stres dapat merubah proses pencernaan dengan memperlambat proses normal dan menyebabkan kembung, konstipasi, atau bahkan buang air kecil terus menerus.

Untuk menjaga tingkat stres Anda agar tetap dalam kontrol, Anda perlu memerhatikan penyebab stress emosional Anda. Berhati-hati dengan situasi yang dapat menyebabkan stres dan pelajari tips-tips untuk membantu Anda relaks.

Memiliki rutinitas tidur yang baik dan menyediakan waktu untuk bersenang-senang dapat membantu tubuh Anda relaks dan meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

 


3 Tips Terbaik untuk Kesehatan Pencernaan originally appeared on :
Article & product discussion / comment