Isi Kulkas Anda untuk Kesehatan Saluran Cerna
Oleh 02 June 2016

Isi Kulkas Anda untuk Kesehatan Saluran Cerna

Tidak ada yang lebih baik dari kulkas yang penuh akan bahan-bahan yang segar dan sehat. Cari tahu bagaimana cara menjaga saluran cerna Anda dengan mengisi kulkas dengan bahan-bahan yang penuh akan kebaikan.

Makanan yang sederhana dan sehat tidak hanya baik untuk kesehatan saluran cerna, tapi juga bercita rasa enak. Dengan sedikit persiapan, membuat makanan yang bersahabat dengan saluran cerna akan lebih mudah.

 

1. Sayuran segar

Sayuran segar memang sangat penting dalam membangun pola makan yang sehat. Sayuran segar ini dipenuhi oleh berbagai nutrisi penting dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan saluran cerna.

 

Sayuran segar banyak mengandung serat, serta cairan untuk menjaga status hidrasi tubuh tetap baik. Semakin segar sayuran tentu akan semakin baik.

 

Idealnya, sayuran disarankan untuk disimpan di bagian bawah kulkas yang dirancang khusus untuk menyimpan sayuran dan harus habis digunakan dalam satu miggu setelah pembelian. Selalu cari tahu sayuran apa yang sedang dijual di pasar tradisional, karena di sanalah Anda dapat menemukan sayuran paling segar sesuai dengan musimnya. Apabila memungkin, belilah sayuran organik.

 

Sayuran yang bercita rasa pahit seperti rocket, turnip, endive, radicchio lettuce, chicory, dandelion leaves dan silverbeet memiliki efek stimulan pada saluran cerna. Saat lidah kita mengecap rasa pahit, tubuh memberikan respon dengan mengeluarkan berbagai cairan  pencernaan untuk meningkatkan kemampuan tubuh mencerna makanan yang kita makan.

 

2. Minyak biji rami (flaxseed oil)

Minyak biji rami dapat dibeli di supermarket yang menjual berbagai bahan makanan sehat serta di apotek dan penting untuk kita miliki di kulkas sebagai tambahan saat membuat salad. Minyak biji rami ini juga bisa ditambahkan di smoothies atau diblender bersama dengan butter (bila Anda sering menggunakannya) untuk meningkatkan konsistensi dan melengkapi menu Anda dengan minyak sehat. Gunakan pencampur minyak biji rami dengan pencampur butter secara terpisah.

 

Minyak biji rami ini kaya akan asam lemak omega-3 alpha-linolenic acid yang memiliki efek anti peradangan. Minyak biji rami telah banyak digunakan secara tradisional untuk mengatasi konstipasi. Olehkarena itu, konsumsi minyak biji rami juga dapat membantu melancarkan buang air besar Anda

 

3. Yoghurt

Yoghurt berkualitas baik juga sebaiknya ada di kulkas Anda untuk dicampurkan ke smoothies atau muesli saat pagi hari atau sebagai cemilan di tengah- tengah hari Anda atau saat makan malam. Yoghurt yang memiliki rasa tawar dan berkadar lemak rendah adalah pilihan terbaik. Hati- hati akan tambahan gula dan zat lain yang  mungkin terkandung pada beberapa yoghurt.

 

Probiotik, atau ‘bakteri baik’ juga sangat baik untuk kesehatan saluran cerna. Kandungan bakteri baik di dalam probiotik dapat menekan pertumbuhan bakteri jahat dan membantu menjaga kesehatan saluran cerna Anda.

 

4. Prunes

Prunes (atau buah plum kering) dikenal sebagai pereda konstipasi dan dapat membantu memperbaiki gerakan usus. Prunes mampu menstimulasi gerakan usus dan seperti layaknya buah pada umumnya, dan juga kaya akan serat.  Rendam prunes semalaman untuk mendapatkan konsistensi yang lebih lunak, lalu campur dengan muesli atau yoghurt di pagi harinya. Prunes menjadi salah satu opsi sehat dan tidak menyebabkan ketergantungan dalam membantu mengatasi keluhan konstipasi.

 

5. Buah segar

Buah- buahan segar musiman juga merupakan cemilan sehat yang sebaiknya Anda miliki. Buah memiliki banyak manfaat dari kandungan serat serta air yang dimilikinya yang dapat membantu melancarkan buang air besar.

 

Kelompok buah yang sangat menonjol dalam segi manfaat kesehatan adalah golongan berries. Berries bercita rasa enak dan juga banyak dijual dalam bentuk beku untuk menjamin ketersediaannya saat tidak sedang musimnya.

 

Blueberries ini banyak digunakan di kawasan Amerika Selatan untuk mengobati diare dan merupakan sumber antioksidan serta anti peradangan yang sangat baik. Blueberries juga memiliki cita rasa yang luar biasa dan dapat ditambahkan di smoothies, muesli, dan yoghurt.

 


Isi Kulkas Anda untuk Kesehatan Saluran Cerna originally appeared on :
Article & product discussion / comment