Manfaat Makanan Fermentasi
Oleh 14 September 2016

Manfaat Makanan Fermentasi

Apa sebenarnya makanan fermentasi itu dan mengapa kita harus memakannya? Kami mencari tahu bagaimana memakan makanan fermentasi dapat meningkatkan pencernaan.

Makanan fermentasi merupakan makanan yang mengandung bakteri “baik” atau bermanfaat. Fermentasi pada dasarnya merupakan proses alami yang mana organisme mengonversi gula menjadi asam atau alkohol.

 

Selama fermentasi, bakteria “baik” memakan gula dan pati dalam makanan. Hal tersebut menghasilkan asam laktat (sebagai produk sampingan) yang berkontribusi terhadap rasa asam yang banyak dimiliki oleh makanan fermentasi.

 

Fermentasi diduga dapat meningkatkan konten nutrisi makanan melalui peningkatan bioavailabilitas dan meningkatkan penyerapan. Beberapa pakar kesehatan berspekulasi bahwa alasan mengapa pencernaan yang buruk begitu umum dalam masyarakat karena pola makan modern hanya memasukkan sedikit atau bahkan tidak ada produk makanan fermentasi.

 

Hal tersebut juga menjelaskan bahwa nenek moyang kita memakan lebih banyak makanan fermentasi daripada yang kita makan hari ini. Para peneliti telah menemukan bahwa banyak peradaban yang mengonsumsi makanan jenis ini - dan bahkan terdapat bukti bahwa orang-orang mengonsumsi makanan fermentasi pada tahun 10.000 sebelum masehi.

 

Makanan Fermentasi

Beberapa makanan fermentasi diantaranya yaitu:

  • Yoghurt
  • Tempe
  • Kefir
  • Asinan
  • Cottage Cheese
  • Kombucha
  • Miso
  • Sauerkraut

Bagaimana cara makanan fermentasi memberi manfaat untuk pencernaan?

Makanan fermentasi membantu pencernaan karena makanan tersebut mengenalkan bakteri yang bermanfaat kepada sistem pencernaan. Mengembalikan keseimbangan mikroba dalam usus menghasilkan beberapa manfaat:

  • Bakteri “baik” membantu kita untuk menyerap dan memecah makanan yang kita makan
  • Bakteri “baik” juga dapat mengurangi kadar patogen yang berkontribusi terhadap penyakit

 

Sebagai tambahan, menjaga keseimbangan bakteri “baik” pada usus dihubungkan dengan beberapa hal berikut:

  • Peningkatan kesehatan usus
  • Peningkatan pencernaan
  • Peningkatan kekebalan tubuh
  • Penyerapan nutrisi makanan dengan lebih baik

 

Keseimbangan yang sehat akan bakteri “baik” tidak hanya membantu pencernaan. Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi bakteri “baik” dapat membantu menurunkan infeksi. Kesehatan bakteri di usus Anda juga dikaitkan dengan kesehatan otak, perilaku, dan kelebihan berat badan - serta mengurangi peradangan.


Manfaat Makanan Fermentasi originally appeared on :
Article & product discussion / comment