5 Cara Mudah untuk Mewujudkan Pola Makan Sehat
Oleh 06 September 2016

5 Cara Mudah untuk Mewujudkan Pola Makan Sehat

Apakah Anda mengira menyiapkan makanan sehat itu membingungkan? Tidak perlu takut - berikut adalah 5 cara sederhana untuk mewujudkan pola makan yang lebih sehat untuk Anda.
  1. Belanja di awal

Rencanakan makanan untuk seminggu pada awal minggu dan berbelanja sekali untuk keperluan seminggu. Pastikan lemari es dan dapur Anda terisi penuh dengan bahan-bahan utama untuk memasak makanan sehat. Ditambah lagi, tidak hanya Anda akan lebih terorganisir ketika memasak, tetapi juga dengan menghabiskan lebih sedikit waktu berjalan di lorong supermarket, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal yang Anda nikmati!

 

Pakar nutrisi di Australia menganjurkan untuk menghabiskan 60% anggaran belanja Anda pada makanan “yang dimakan paling banyak”, seperti buah, sayur, sereal, dan kacang-kacangan - dan 30% pada makanan “yang dimakan secukupnya”, seperti  produk susu, daging, telur, dan kacang-kacang. Mereka merokemendasikan untuk menghabiskan tidak lebih dari 10% pada makanan “yang dimakan dalam jumlah sedikit” seperti minyak-minyak dan makanan ringan yang diproses.

 

  1. Adaptasi dari makanan favorit Anda

Banyak makanan favorit Anda dapat diadaptasikan, tidak dbuang, apabila Anda memikirkan dengan kreatif. Apabila Anda sangat menyukai lasagna misalnya, ganti daging giling dengan kacang-kacangan dan berbagai sayuran. Apabila Anda menyukai kentang, kombinasikan kembang kol dengan mashed potato Anda - Anda tidak akan merasakan perbedaannya!

 

Menurut The American Heart Association, substitusi yang sesuai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan: membantu Anda mengurangi lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol - dan Anda hanya akan merasakan sedikit perbedaan rasa, apabila ada.

 

  1. Hidup dengan aturan 80/20

Ide dibalik aturan 80/20 sederhana: pola makan sehat tidak harus ekstrim. Selama Anda makan dengan baik pada kebanyakan waktu, jangan terlalu keras pada diri Anda sendiri apabila tidak sengaja melanggar.

 

Teresa Cutter, pakar nutrisi dan penulis The 80/20 Diet: 12 Weeks To A Better Body, mengatakan bahwa apabila Anda makan makanan sehat selama 80% waktu, maka Anda boleh menikmati sedikit kesenangan pada sisa waktu. Pendekatan 80/20 mengizinkan Anda untuk memelihara gaya hidup sehat untuk jangka panjang.

 

  1. Kurangi porsi makan

Mungkin yang menjadi masalah bukan apa yang Anda makan, tetapi jumlah yang Anda makan. Porsi makan telah menjadi lebih banyak selama beberapa waktu, maka ulas kembali porsi pada pola makan Anda. Kurangi jumlah makanan dan minuman yang berukuran besar (kopi, jus) dan makan daging, ayam, dan ikan dengan porsi sebesar ukuran telapak tangan.

 

World Health Organisation telah menunjukkan bahwa ukuran porsi makan memegang peran penting dalam memoderasi asupan makanan karena seiring bertambahnya umur anak, rasa lapar dari dalam dan rasa kenyang mungkin kurang efektif untuk membantu mengontrol asupan makanan.

 

  1. Makan sayuran Anda terlebih dahulu

Makan sayuran Anda sebelum makan yang lainnya, dan Anda akan merasa kenyang lebih cepat - dengan ruang yang lebih sedikit untuk pilihan makanan potensial yang kurang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa sayuran dapat membantu Anda merasa kenyang lebih cepat karena sayuran memiliki serat yang menyerap cairan dalam perut Anda.

 

Apabila Anda memakan protein terlebih dahulu, sistem pencernaan Anda menjadi lamabat dan tidak mencerna makanan lain dengan benar. Di sisi lain, sayuran mentah dianggap sebagai pilihan sayuran sehat yang paling sehat.

 

Apakah Anda memiliki tips sederhana yang dapat mewujudkan pola makan sehat Anda? Bagi tipsnya di bawah!


5 Cara Mudah untuk Mewujudkan Pola Makan Sehat originally appeared on :
Article & product discussion / comment