7 Cara Mudah untuk Hidup yang Lebih Berkelanjutan (Dan Sehat)
Oleh 06 September 2016

7 Cara Mudah untuk Hidup yang Lebih Berkelanjutan (Dan Sehat)

Lakukan kebaikan untuk tubuh dan planet bumi dengan beberapa tips hidup berkelanjutan sederhana ini.

Dari luar, hidup dengan cara yang eco-friendly atau ramah lingkungan terlihat seperti komitmen besar. Namun, hal yang perlu diingat adalah Anda tidak perlu merombak gaya hidup Anda dalam semalam (atau pindah ke kawasan yang ramah lingkungan).

 

"Hal yang saya suka katakan kepada orang-orang adalah bersemangatlah tentang apapun perubahan kehidupan berkelanjutan yang Anda merasa siap untuk melakukannya mulai dari hari ini," saran Alexx Stuart pembicara dan penulis blog kehidupan alami pada Low Tox Life.

 

Kami telah meringkas hingga diperoleh 7 perubahan gaya hidup yang mudah dicapai dan dapat menguntungkan tubuh dan lingkungan Anda.

 

  1. Berbelanja di pasar lokal

 

Berbelanja di pasar lokal berarti Anda memberi produk lokal, yang mana akan mengurangi jarak jauh (yang menghasilkan gas rumah kaca) yang ditempuh oleh makanan sebelum sampai ke piring Anda.

 

"Lebih dari semua itu, para petani (yang menjual hasil panen) di pasar merupakan orang lokal kota tersebut dan mereka menjual barang mereka yang masih segar karena baru diambil dari pertanian," ujar Stuart. Karena produk di pasar lebih segar, maka kemungkinan besar produk tersebut memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dan rasa yang lebih enak juga.

 

2.Hindari wewangian "palsu"

 

Salah satu perubahan paling manjur yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari 'wewangian palsu', atau produk yang diberi pewangi sintetis - sebut saja pewangi udara, lilin dengan wewangian, produk-produk perawatan tubuh yang diberi parfum buatan.

 

"Kelompok senyawa kimia yang ditambahkan ke pewangi sintetis untuk membuat mereka bertahan lebih lama adalah phthalates, yang mengganggu kadar hormon kita dan tidak bagus untuk Anda yang sedang mode prakonsepsi," ujar Stuart. Terlebih lagi, phthalates termasuk penyebab polusi air dan udara.

 

Untuk menghindari barang-barang tersebut, gunakan produk-produk ramah lingkungan, atau produk yang tidak yang tidak memiliki 'fragrance' atau pewangi dalam daftar bahannya. Apabila terdapat wewangian dalam produk, sebaiknya wewangian tersebut berasal dari minyak esensial atau dilabeli 'tanpa pewangi sintetis' atau 'phthalate-free'.

 

  1. Singkirkan sabun cuci tangan desinfektan

 

Sabun antibakteri mengandung triclosan, senyawa kimia yang terdapat di lingkungan, mencari jalannya menuju ke danau atau sungai, di mana ini menjadi beracun bagi kehidupan air. Senyawa tersebut juga diduga mengganggu fungsi thyroid dan berkontribusi terhadap masalah ketahanan antibiotik.

 

Gunakan sabun biasa dan air - sebuah penelitian pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa dua hal tersebut sama efektifnya dengan sabun cuci tangan antibakteri dalam membunuh kuman.

 

  1. Pilih hidangan laut yang berkelanjutan

 

"Kami tidak ingin membuat keseimbangan kehidupan laut kami marah dari pada saat ini. Jadi, berganti ke ikan yang lebih kecil seperti sardin dan ikan teri merupakan ide yang bagus," saran Stuart.

 

Ikan-ikan tersebut juga memiliki kadar merkuri yang rendah, yang mana baik untuk kesehatan kita. Pilihan hidangan laut lainnya yang baik adalah cumi yang dapat tumbuh sempurna dalam beberapa minggu saja dan ikan-ikan lokal dan berkelanjutan seperti ikan flathead dan ikan merlan.

 

  1. Jadikan minyak kelapa sebagai bahan utama kecantikan Anda

 

Minyak kelapa merupakan bahan kecantikan paling serba bisa - Anda dapat menggunakannya sebagai pembersih make-up, pelembab, pelembab bibir, masker rambut, penghalus kutikel, dan serum anti keriting.

 

Ditambah lagi, dengan Anda menghindari wewangian dan senyawa kimia sintetis, serta kemasan yang hadir pada produk kecantikan umumnya, menurunkan eco footprint keseluruhan Anda.

 

Tips mudah: sebelum minyak kelapa menjadi padat ketika udara dingin, letakkan toples minyak kelapa Anda di pancuran, sehingga minyak mencair dan lebih mudah digunakan.

 

  1. Minum kopi lokal dan organik

 

Seringkali, kopi diimpor dari luar negeri (menambah emisi gas rumah kaca) dan kopi tersebut bisa saja terkena semprotan pestisida yang banyak. Itulah mengapa membeli merek kopi yang dijual pada fair trade, lokal, dengan karbon netral yang ideal, bersertifikat organik untuk digunakan di rumah merupakan hal yang cerdas.

 

Selain itu, carilah kafe yang menyediakan kopi organik dari fair trade untuk kebiasaan minum kopi Anda di pagi hari - dan bawa cangkir kopi reusable untuk kebaikan yang lebih banyak lagi untuk lingkungan.

 

  1. Hijaukan ruang kerja Anda dengan tanaman dalam pot

 

Tanaman berfungsi seperti sistem ventilasi mini, menyaring polutan udara dari luar ruangan termasuk senyawa organik yang mudah menguap, karbondioksida, materi partikel halus, dan ozon.

 

Letakkan satu di meja kerja Anda dan Anda akan menghirup udara yang lebih jernih - ditambah lagi penelitian menunjukkan Anda akan menjadi lebih produktif dan kreatif, stres berkurang, memiliki kepuasan pekerjaan yang lebih tinggi dan akan membutuhkan lebih sedikit hari izin sakit.

 

Pilih tanaman berdaun seperti sebuah lily - semakin banyak daunnya, semakin besar kekuatan detoks tanaman tersebut.

 


7 Cara Mudah untuk Hidup yang Lebih Berkelanjutan (Dan Sehat) originally appeared on :
Article & product discussion / comment