Apakah Vitamin Menyebabkan Berat Badan Bertambah?
Oleh 24 March 2017

Apakah Vitamin Menyebabkan Berat Badan Bertambah?

Apakah multivitamin memiliki dampak pada berat badan? Andrew Cate menjelaskan penelitian terbaru dan menjabarkan rencana untuk membantu memercepat penurunan berat badan Anda.

Dengan mengonsumsi multivitamin, terdapat peluang yang semakin besar bahwa tubuh Anda akan memiliki semua gizi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan wajar.

Hal tersebut dapat berpengaruh pada berat badan Anda dikarenakan efek metabolisme yang dibantu oleh berbagai variasi gizi. Lebih penting lagi, metabolisme anda mengatur kecepatan tubuh dalam membakar kalori, dan metabolisme yang berfungsi dengan baik adalah penting untuk mengendalikan berat badan.

Konsumsi gizi anda dapat juga berdampak pada nafsu makan dan kemudian konsumsi makanan. Sebagai contoh, kadar vitamin B6 yang rendah diasosiasikan dengan penurunan pada kadar serotonin orak yang dapat membuat nafsu makan meningkat.

Di sisi lain, beberapa orang menyalahkan multivitamin untuk kenaikan berat badan atau kesulitan dalam menurunkan berat badan karena mereka menolak gambaran besar dari gaya hidup mereka secara keseluruhan.

Apabila Anda mengonsumsi multivitamin karena Anda tidak makan yang sehat, Anda tidak aktif, atau karena anda pada diet ketat, bisa jadi hal-hal tersebut yang menyebabkan kenaikan berat badan, bukan multivitamin.

Penelitian

Penelitian yang baru dilakukan dan dipublikasikan di British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa multivitamin dapat benar-benar membantu menurunkan berat badan pada pria.

Penelitian yang sama menemukan bahwa ada kecenderungan akan diperoleh hasil yang sama pada lawan jenis dan wanita juga mengalami penurunan rasa lapar. Sebuah multivitamin dan suplemen mineral ditemukan dapat menurunkan nafsu makan secara signifikan pada wanita setelah penurunan berat badan dibandingkan dengan kelompok placebo yang juga mengalami penurunan berat badan.

Menurut para peneliti, vitamin dan mineral terlibat dalam sintesis hormon rasa lapar seperti insulin, leptin, dan kortisol yang mengontrol asupan makanan.

Implikasi Gaya Hidup

Implikasi dari studi ini relevan baik untuk pria maupun wanita yang mengelola berat badan. Pertimbangkan hal-hal berikut:

  • Jika tujuan anda untuk menghilangkan lemak tubuh atau mempertahankan kadar lemak tubuh yang sehat, konsumsi multivitamin dan suplemen mineral secara teratur dapat membantu Anda memeroleh hasil.
  • Makan makanan bergizi yang banyak terdapat pada sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, sumber protein tanpa lemak, dan buah-buahan. Jangan mengandalkan multivitamin untuk menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda atau menggunakannya sebagai alasan untuk makan makanan yang tidak sehat.
  • Multivitamin bukan pengganti aktivitas fisik yang rutin dilakukan. Olah raga merupakan komponen penting dalam program kontrol berat badan.
  • Apabila Anda telah mengalami penurunan berat badan, multivitamin dan suplemen mineral dapat menurunkan nafsu makan Anda, yang mana dapat mencegah peningkatan kembali berat badan.

Apakah Vitamin Menyebabkan Berat Badan Bertambah? originally appeared on :
Article & product discussion / comment