Bagaimana Cara Mengoptimalkan Fungsi Antioksidan untuk Anda?
Oleh 02 June 2016

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Fungsi Antioksidan untuk Anda?

Apa saja komponen dari antioksidan dan bagaimana caranya dalam meningkatkan kesehatan? Ahli kedokteran naturan Siobhan Jordan menjelaskan dasar-dasarnya.

Bagaimana cara mengoptimalkan fungsi antioksidan untuk Anda?

Apa saja komponen dari antioksidan dan bagaimana caranya dalam meningkatkan kesehatan? Ahli kedokteran naturan Siobhan Jordan menjelaskan dasar-dasarnya.

Dari teh hijau hingga teh putih, coklat hitam hingga anggur merah, dan dari blueberry ke goji berry, saat ini banyak informasi teranyar tentang antioksidan terbaru dan terhebat.

 

Apa yang perlu Anda ketahui?

Antioksidan adalah komponen yang melindungi tubuh dari dampak radikal bebas. Radikal bebas ini merupakan molekul yang sangat reaktif dalam merusak jaringan di dalam tubuh.

Radikal bebas berasal dari berbagai sumber, termasuk dari tubuh kita sendiri yang terbentuk melalui apa yang kita makan dan aktifitas fisik.

Selain itu, radikal bebas juga bisa didapatkan dari luar tubuh, misalnya asap rokok, polusi lingkungan dan berbagai bahan kimia seperti pestisida dan pengawet.

 

Contoh buah apel.

Bayangkan saat Anda memotong sebuah apel. Bila Anda membiarkan apel tersebut terpapar udara, maka bagian yang kulitnya terkelupas akan segera berubah kecoklatan. Proses ini dinamakan oksidasi, yang mencerminkan betapa kuatnya radikal bebas.

Berikan sedikit jus jeruk pada buah apel dan proses berubahnya warna apel menjadi kecoklatan ini akan lebih lambat atau tidak ada perubahan sama sekali. Hal ini mencerminkan peranan jus jeruk atau lebih spesifiknya antioksidan dalam jus jeruk. Proses serupa terjadi di dalam tubuh.

Mungkin Anda pernah mendengar perumpamaan bahwa tubuh adalah sebuah kuil, sekarang pikirkan bahwa tubuh Anda adalah sebuah apel.

 

Pencegahan dan perlindungan

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan yang berakibat pada gangguan kesehatan termasuk penyakit jantung, kanker dan penyakit degenerative.

Antioksidan berperan penting dalam mencegah proses ini  dan dapat memperlambat proses penuaan.

 

Menentukan antioksidan yang tepat untuk Anda.

Karena begitu banyak jenis antioksidan (termasuk vit  C dan E, mineral zinc dan selenium, dan flavonoid di berry), langkah terbaik adalah dengan memperoleh antioksidan yang bervariasi.

 

Vitamin C

  • Capsicum
  • Buah sitrus
  • Blackcurrants
  • Strawberry

 

Vitamin E

  • Minyak sayur seperti olive, minyak gandum
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Sayuran hijau

 

Selenium

  • Kacang brazil
  • Bawang putih
  • Makanan laut
  • Daging jeroan

 

Koenzim CoQ10

  • Ikan
  • Daging
  • Brokoli
  • Kacang

 

Beta karoten

  • Wortel
  • Labu
  • Ubi
  • Bayam

 

Flavonoids*

 

Antosianin

  • Blackberries
  • Blueberries
  • Anggur merah
  • Strawberries
  • Teh, terutama teh hijau dan putih
  • Dark chocolate
  • Apel
  • Red wine

 

Flavonols

  • Kale
  • Brokoli
  • Apel
  • Berries

 

* flavonoid adalah kelompok besar dari komponen-komponen yang memiliki struktur serupa. Daftar di atas hanya beberapa contoh dari jenis-jenis flavonoid.

 

Satu hari dengan contoh variasi antioksidan yang baik

Sarapan

Sereal biji-bijian dengan yogurt tawar dan berries serta kacang-kacangan.

 

Selingan teh

Segelas teh hijau

 

Makan siang

Soup lentil ala Itali dengan capsicum, wortel, brokoli dan roti gandum.

 

Selingan teh sore

Sebuah apel dan kacang Brazil kurang lebih seukuran telapak tangan dan segelas teh putih.

 

Makan malam

Ayam panggang atau ikan beserta salad berisi bayam Inggris dan labu panggang yang disajikan dengan minyak zaitun serta jus jeruk. Ditutup dengan sepotong kecil coklat hitam.


Bagaimana Cara Mengoptimalkan Fungsi Antioksidan untuk Anda? originally appeared on :
Article & product discussion / comment