Berapa Lama Sebenarnya Waktu yang Diperlukan Untuk Menghilangkan Kebiasaan?
Oleh 14 September 2016

Berapa Lama Sebenarnya Waktu yang Diperlukan Untuk Menghilangkan Kebiasaan?

Merasa frustasi dan bertanya-tanya mengapa Anda belum dapat menghilangkan kebiasaan lama? Rileks, ini memerlukan waktu yang lebih lama dari yang Anda pikirkan.

Kebiasaan harian dapat menjadi berguna dan menciptakan keteraturan dalam hari yang sibuk. Namun, tentunya Anda memiliki satu atau dua kebiasaan yang mengganggu - atau mungkin bahkan satu kebiasaan yang berbahaya untuk kesehatan dan hidup Anda.

 

Apabila Anda telah mencoba untuk menghilangkan kebiasaan lama dan belum sukses, Anda mungkin bertanya-tanya berapa lama waktu yang diperlukan untuk menghilangkan kebiasaan lama yang buruk.

 

Dengan memertimbangkan aturan 21-hari, yang berakar pada buku psikologi populer tahun 1960-an berjudul Psychology Cybernatics. Buku tersebut mengatakan bahwa untuk gambaran mental yang sudah lama memerlukan waktu minimal 21 hari untuk menghilang dan satu gambaran mental baru untuk menempel.

 

Lebih baru lagi, sebuah penelitian yang mencakup 96 orang dan dipublikasikan pada The European Journal of Social Psychology menemukan bahwa diperlukan waktu rata-rata 66 hari untuk membentuk suatu kebiasaan, seperti memakan buah saat makan siang, atau berlari 15 menit sehari. Namun, pada penelitian tersebut, jumlah hari sebenarnya membentang dari 18 hingga 254 hari - mengindikasikan bahwa merubah kebiasaan dapat memerlukan waktu sangat cepat atau sangat lama!

 

Merubah kebiasaan memerlukan waktu

 

Hal yang sebenarnya adalah tidak ada jaminan waktu untuk merubah kebiasaan. Dan memiliki angka di pikiran sebagai titik akhir membuat ini menjadi lebih mudah terasa seperti kegagalan apabila Anda tidak dapat merubah kebiasaan Anda dalam kurun waktu tersebut.

 

Kebiasaan sudah sewajarnya sulit diubah. Kebiasaan dibangun dari aksi atau perilaku berulang yang akhirnya masuk ke dalam kebiasaan sehari-hari Anda tanpa Anda sadari.

 

Akan membantu apabila otak Anda berada pada mode autopilot untuk aktifitas berulang sehingga Anda dapat lebih berfokus pada aktifitas baru lainnya yang muncul selama seharian.

 

Namun, itu bukan berita buruk. Itulah mengapa menghilangkan kebiasaan buruk sepadan dengan usaha yang dilakukan. Meskipun tidak ada angka ajaib untuk jumlah hari yang diperlukan untuk menghilangkan kebiasaan, ketika Anda sudah menghilangkan kebiasaan tersebut, Anda menjadi tidak mudah untuk kembali ke kebiasaan buruk tersebut.

 

Kecanduan atau kebiasaan?

 

Anda mungkin perlu memikirkan apakah Anda berusaha untuk menghilangkan kebiasaan atau kecanduan. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, Anda dapat menghemat waktu dan tidak menjadi frustasi. Kebiasaan yang adiktif seperti merokok, berjudi, atau minum minuman beralkohol lebih sulit untuk dihilangkan.

 

Cara terbaik untuk mengetahui perbedaan keduanya adalah dengan menanyakan kepada diri Anda sendiri beberapa pertanyaan sederhana.

 

"Apakah saya dapat hidup tanpa kebiasaan ini dan apabila saya menghilangkan kebiasaan ini, akankah hal tersebut menyebabkan perubahan fisik pada tubuh saya?"

 

Ketika menghentikan kebiasaan adiktif, tubuh Anda dapat mengalami gejala kemunduran fisiologis yang mudah terlihat seperti gemetar, berkeringat, atau mual dan muntah-muntah.

 

Kebiasaan yang tidak adiktif dapat lebih mudah diubah - sementara kecanduan akan membutuhkan waktu lebih lama dan mungkin memerlukan bantuan profesional.

 

Bagaimana Anda akan mengetahui bahwa waktunya telah tiba?

 

Sementara penelitian telah mengindikasikan kebiasaan merupakan respon otomatis terhadap sekeliling yang berasal dari aksi harian yang sama dan berulang, tidak ada angka ajaib untuk berapa lama waktu yang diperlukan untuk merubah suatu aksi.

 

Anda akan mengetahui bahwa Anda telah mengalahkan kebiasaan ketika Anda harus memikirkan tentang mengalahkan kebiasaan tersebut.

 

Coba suatu hal baru selama 30 hari

 

 

Apakah ada hal yang harusnya Anda lakukan, ingin lakukan, tapi belum terlaksana? Matt Cutts menyarankan: cobalah hal tersebut selama 30 hari.

 

Cek video TED talk-nya untuk memeroleh cara berpikir baru tentang mengatur dan meraih tujuan Anda.  

 

Beritahu kami hal apa yang Anda selalu ingin lakukan dan akan dilakukan selama 30 hari ke depan?


Berapa Lama Sebenarnya Waktu yang Diperlukan Untuk Menghilangkan Kebiasaan? originally appeared on :
Article & product discussion / comment