Memilih Jadi Vegetarian? Baca Dulu Ulasan Berikut
Oleh 02 June 2016

Memilih Jadi Vegetarian? Baca Dulu Ulasan Berikut

Sarah Culverhouse menjelaskan manfaat kacang lima dalam membantu pola hidup sehat seorang vegetarian.

Menolak semangkuk spaghetti Bolognese mungkin bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Akantetapi tantangan terbesar biasanya muncul saat seseorang yang baru menjalani pola hidup vegetarian harus memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi dasar.  “Kebanyakan orang memiliki salah persepsi dengan makan makanan dalam jumlah yang terlalu sedikit” ujar naturopath dan vegetarian Sarah Culverhouse. “Mereka menyingkirkan daging dan hanya makan lebih banyak makanan vegetarian yang biasa mereka konsumsi- seperti telur dan produk olahan susu”

 

Culverhouse menegaskan bahwa pola makan vegetarian dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker tertentu. Akan tetapi persepsi pola makan yang keliru dapat membuat seorang vegetarian berisiko kekurangan berbagai vitamin penting, mineal, dan asam lemak berharga, seperti vitamin B12, zat besi, dan omega-3.

 

Siapa yang berisiko kekurangan asam lemak omega-3?

Hampir seluruh orang perlu meningkatkan asupan asam lemak omega-3. Kebanyakan pola makan di dunia barat mengandung tinggi omega-6 (dari minyak masak seperti canola, safflower, biji bunga matahari, dan minyak jagung) namun rendah kandungan omega-3. Contoh sumber makanan yang tinggi kandungan omega-3 nya adalah telur dan ikan. Olehkarena itu, vegetarian berisiko kekurangan omega-3 dalam menu makanan hariannya. Sebagai alternatif, minyak biji rami (flaxseed) adalah sumber bahan makanan yang kaya akan alpha-linolenic acid (omega-3).

 

Selain sebagai pembentuk serabut saraf dan berperan dalam aktivasi folat ( membantu maturasi sel darah merah), Vitamin B12 juga sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan sistem saraf secara keseluruhan. “B12 sulit didapatkan dari sayur. Vitamin ini banyak terdapat dalam produk olahan hewan. Olehkarena itu, penting bagi seorang vegetarian untuk tetap menjaga asupan telur dan produk olahan susu dalam jumlah cukup” ujar Culverhouse.

 

Zat besi banyak terdapat dalam daging merah dan berperan dalam transport oksigen ke seluruh sel tubuh.  “Tanpa zat besi, tubuh akan mudah lelah dan lemas” ia menegaskan. Asupan zat besi sangat penting khususnya bagi wanita yang sedang dalam siklus menstruasi karena kehilangan darah yang dialaminya akan mengurangi cadangan zat besi. “Bila seorang wanita yang sedang menstruasi tidak menjaga asupan zat besinya, maka ia akan cenderung mudah lelah” tambahnya.

 

Jangan khawatir, sumber bahan makanan vegetarian yang mengandung zat besi juga melimpah. Sumber zat besi ini termasuk sayur- sayuran hijau dan sebaiknya dimakan bersamaan dengan vitamin C seperti jus jeruk atau tomat untuk membantu penyerapan zat besi.

 

Saat harus memenuhi kebutuhan omega-3, seorang vegetarian dapat memperolehnya dari biji rami atau flaxseed sebagai alternatif dari minyak ikan, ujar Culverhouse. “Umumnya, pola makan yang kita lakukan memberikan banyak omega-6 namun tidak dengan omega-3” tambahnya. “Minyak biji rami dari Blackmores mengandung tinggi omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta berperan penting dalam kesehatan kulit dan rambut”.

 

“Selama Anda bisa menjaga pola makan dengan nutrisi yang berimbang, menjadi seorang vegetarian juga dapat berhasil” yakin Culverhouse. “Pastikan Anda mengerti betul pilihan- pilihan bahan makanan yang tersedia di sekitar Anda dan juga pastikan kebutuhan protein Anda terpenuhi dengan menambahkan biji- bijian serta kacang- kacangan pada menu harian Anda” Kombinasi ini dapat Anda dapatkan misalnya dengan mencampur kacang polong dengan menu nasi atau kacang- kacangan lain dengan kentang.

 

Anda juga bisa mencoba berbagai jenis bahan makanan seperti tempe dan tahu namun pastikan Anda memiliki buku resep masakan yang baik agar tahu bagaimana cara mengolah bahan makanan tersebut. “Buku resep masakan yang baik juga dapat membantu Anda keluar dari kebiasaan masak masakan yang itu- itu saja”

 

Yang terakhir, coba cari situs dan informasi tentang vegetarian yang tersedia di dunia maya (Anda sudah memulainya dengan baik melalui bacaan ini). “Gali lewat dunia maya” ujar Culverhouse. “ Banyak informasi berharga sebagai bekal bila ada seseorang yang bertanya tentang keputusan Anda menjadi seorang vegetarian”.




Memilih Jadi Vegetarian? Baca Dulu Ulasan Berikut originally appeared on :
Article & product discussion / comment