Tetap Sehat dan Aktif saat Liburan Akhir Tahun
Oleh 08 January 2018

Tetap Sehat dan Aktif saat Liburan Akhir Tahun

Tidak ingin liburan akhir tahun terganggu penyakit? Lakukan kiat ini!

Liburan akhir tahun menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Dari anak hingga dewasa, momen ini memang wajib dijadikan pelepas penat segala kegiatan yang membelenggu setahun belakangan.

Untuk dapat menikmati liburan akhir tahun dengan anak Anda, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah kesehatan tubuh Anda. Beberapa kiat agar anak Anda tetap sehat saat  liburan akhir tahun, yakni:

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Menjelang akhir tahun, anak Anda biasanya menghabiskan waktu dengan bermain. Hal seperti ini bisa membuat anak Anda lupa minum, hingga akhirnya masuk ke dalam fase dehidrasi.

Padahal, dehidrasi merupakan cikal bakal berbagai gangguan kesehatan –seperti pusing berputar, gagal ginjal, syok, koma, gangguan elektrolit dan kejang hingga kematian.

2. Istirahat cukup

Setelah bermain saat liburan. Kondisi ini membuat anak Anda berisiko tinggi mengalami berbagai gangguan kesehatan. Tentu saja hal ini nantinya akan merusak momen liburan akhir tahun Anda.

3. Konsumsi makanan kaya omega-3

Omega-3 memiliki kandungan EPA dan DHA yang tinggi. Senyawa ini mampu meningkatkan aktivitas sitokin dan eicosanoid, yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Kebaikan omega-3 bisa Anda temukan pada ikan salmon, hering, dan tuna.

Jika Anda kesulitan atau tidak menyukai sumber makanan tersebut, Anda dapat mengonsumsi suplemen omega-3 sebagai alternatifnya.

4. Perhatikan pola makan

Liburan juga bisa membuat Anda lupa makan. Awas, kondisi ini bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, salah satunya

Pastikan Anda makan sesuai dengan jadwal yang biasanya dilakukan. Selain itu, pastikan pula menu yang anak Anda konsumsi terdiri dari makanan sehat bergizi seimbang, seperti vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh.

Itulah beberapa kiat sederhana yang bisa dicoba agar anak Anda tetap aktif dan sehat saat liburan akhir tahun nanti. Jadi, akan pergi ke mana liburan tahun ini? Semoga menyenangkan, ya!

 

 


Tetap Sehat dan Aktif saat Liburan Akhir Tahun originally appeared on :
Article & product discussion / comment