Waspada Bahaya di Balik Makanan Gorengan
Oleh 08 January 2018

Waspada Bahaya di Balik Makanan Gorengan

Anda suka makan gorengan? Tidak hanya berlemak, makanan ini juga dapat menimbulkan penyakit hati.

Makanan yang digoreng memang selalu menggugah selera. Sering dijadikan camilan maupun teman makan di jam makan utaman. Bahkan gorengan dianggap sebagai lauk sepanjang hari yang mudah disiapkan dan memiliki rasa yang lezat. Namun hati-hati, ada bahaya mengintai di balik makanan gorengan.

Identik dengan kegemukan, para  praktisi kesehatan menganjurkan untuk menghindari makanan gorengan. Makanan ini selain dapat menyebabkan kenaikan berat badan, juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit –salah satunya penyakit hati.

Penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan yang digoreng secara reguler seperti makanan siap saji atau makanan deep-fried, dapat menyebabkan hati menjadi berlemak. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol, apalagi jika digoreng dengan minyak seperti minyak kelapa sawit.

Tingginya kadar lemak pada makanan yang digoreng tersebut dapat menyebabkan penumpukan lemak di hati. Hal ini dinyatakan oleh para peneliti bahwa efek negatif dari konsumsi makanan gorengan memiliki dampak yang serupa dengan hepatitis dan dapat berujung kepada kerusakan hati permanen yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Bersamaan dengan maraknya gaya hidup yang tidak sehat –seperti kebiasaan lembur yang membuat Anda terpaksa begadang, kebiasaan makan makanan gorengan dapat memberikan dampak yang lebih buruk dalam waktu yang lebih singkat.

Cegah berbagai penyakit dengan menjadikan pola hidup sehat sebuah kebiasaan bagi Anda dan keluarga. Makan makanan gorengan sesekali boleh saja, namun batasi dan imbangi dengan nutrisi sehat lainnya serta olahraga yang rutin. Anda juga dapat menambahkan suplemen yang mendukung kesehatan hati dalam keseharian untuk membantu menjaga kesehatan hati Anda.

 


Waspada Bahaya di Balik Makanan Gorengan originally appeared on :
Article & product discussion / comment