Cara Alami Mengatasi Nyeri Payudara
Oleh 02 June 2016

Cara Alami Mengatasi Nyeri Payudara

Setengah dari semua wanita yang mengalami PMS, menderita nyeri payudara pra-menstruasi. Jika Anda salah satu dari mereka, ada tips dari Jennifer McLennan untuk meringankan rasa sakit payudara.

Nyeri payudara pra-menstruasi, juga dikenal sebagai mastalgia, yang dialami setengah dari wanita pada masa PMS. Jaringan payudara menjadi sensitif terhadap perubahan hormonal di fase kedua (fase luteal) dari siklus menstruasi, ketika hormon estrogen dan progesteron meningkatkan pertumbuhan sel dalam jaringan payudara, meningkatkan suplai darah dan mendorong retensi cairan.

Setiap wanita berbeda; Bagaimanapun, gejala-gejala yang dialami antara lain rasa sakit, bengkak, benjolan dan nyeri di jaringan payudara, puting, dan ketiak, selama empat belas hari sebelum menstruasi.

 

Bantuan alami

Minyak evening primrose secara alami memiliki asam lemak omega-6 berkadar tinggi dan berisi salah satu jenis omega-6 yang disebut asam gamma linolenat (Gamma Linolenic Acid - GLA).

Prostaglandin (substansi seperti hormone yang berpartisipasi dalam berbagai fungsi tubuh) terbuat dari asam lemak esensial, seperti GLA memiliki lebih sedikit proses peradangan dibandingkan jenis prostaglandin lainnya yang terbuat dari asam lemak jenis lainnya.

Wanita sebaiknya mengonsumsi minyak evening primrose dengan dosis 3000-4000mg setiap hari pada saat menstruasi selama dua sampai tiga bulan untuk mengetahui efeknya secara lengkap.

Asam lemak omega-3 dalam bentuk minyak ikan, biji rami (flaxseeds), dan labu juga dapat membantu menghasilkan lebih banyak prostaglandin yang memiliki sedikit proses peradangan (inflamasi).

Tingkat estrogen yang tinggi dapat menyebabkan nyeri payudara yang berulang. Berikut adalah beberapa cara alami untuk mengurangi peningkatan estrogen dan meningkatkan kadar progesteron:

  • Konsumsi makanan berserat dalam jumlah yang cukup. Serat membantu menghilangkan kelebihan estrogen dengan membalutnya di dalam saluran pencernaan (gastro-intestinal)
  • Phyto-estrogen yang ada di dalam kedelai, tempe dan tahu mampu bersaing dengan estrogen dalam tubuh.

- Taburkan Biji rami (linseeds) ke dalam sereal telah terbukti membantu menormalkan tingkat estrogen dan progesteron.

  • Gunakan vitex (sejenis herbal) yang secara tradisional telah digunakan untuk mengatur siklus haid. Konsumsi sekitar 2-3 gram per hari selama 2-3 bulan untuk melihat efek penuh.
  • Melakukan olahraga secara teratur, dapat membantu membersihkan estrogen dari tubuh.

 

Gaya hidup yang disarankan

Menggunakan bra yang bisa menyuport dengan baik sangat bermanfaat. Pastikan Anda menggunakan yang sesuai, dan ketika bra Anda mulai menyiksa, saatnya untuk mengganti!

Kurangi atau hilangkan kebiasaan minum kopi, karena hal itu berkaitan dengan nyeri payudara.

Akhirnya, yang terbaik adalah selalu kenali setiap benjolan yang mencurigakan, konsultasikan dengan dokter kesehatan Anda. Lakukan tes payudara sendiri setiap bulan adalah cara yang baik untuk mengenal payudara Anda sehingga dapat mendeteksi perubahan yang terjadi.


Cara Alami Mengatasi Nyeri Payudara originally appeared on :
Article & product discussion / comment