Diet Terbaik Bagi Wanita
Oleh 02 June 2016

Diet Terbaik Bagi Wanita

Kita semua tahu manfaat dari diet sehat untuk menjaga berat badan dan kesehatan jantung. Namun, bagaimana dengan diet untuk menjaga kesehatan payudara? Pakar naturopathy Jennifer McLennan telah menyiapkannya untuk Anda.

Jika Anda merasakan gejala ringan pra-menstruasi yang mempengaruhi payudara - seperti pembesaran, nyeri pada payudara dan puting, atau pemampatan limpa yang terasa menyebar hingga ketiak - mungkin Anda perlu mengikuti diet yang dapat mengurangi nyeri dan peradangan.

Nyeri dan peradangan pada jaringan payudara dipengaruhi oleh fluktuasi hormon dalam siklus menstruasi yang mendorong perubahan jaringan pada area tertentu, salah satunya adalah jaringan payudara. Konsumsi diet yang mengandung lemak jenuh tinggi dan omega-6 juga dapat memicu nyeri dan peradangan. Memilih makanan yang tidak hanya mengurangi peradangan, tapi juga menjaga keseimbangan hormon dapat membantu Anda dalam mengatasi nyeri dan radang menjelang menstruasi.

Minyak Kaya Manfaat

Minyak yang kaya akan omega-3 asam lemak atau minyak zaitun monounsaturated dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan pada tubuh. Berikut adalah beberapa minyak yang baik untuk tubuh Anda menjelang menstruasi.

Minyak Monounsaturated

Omega-3 Polyunsaturated

Minyak zaitun

Minyak almond

Minyak macadamia

Minyak avokad

Minyak bekatul

Minyak kacang tanah

Minyak flaxseed

Minyak ikan

Minyak hati ikan kod

Minyak borage

Beberapa minyak tersebut dapat digunakan untuk memasak, di antaranya adalah minyak macadamia, minyak avokad, dan minyak zaitun extra-light. Minyak-minyak ini memiliki kadar asam lemak monounsaturated yang tinggi.

Sementara minyak-minyak seperti minyak flaxseed (omega-3), minyak zaitun extra-virgin (monounsaturated), dan minyak almond (monounsaturated) baik untuk digunakan sebagai bumbu salad.

Selain itu, penggunaan margarin dan mentega dapat diganti dengan pasta hummus, pasta tahini, atau avokad segar.

Konsumsi suplemen minyak ikan juga dapat membantu mengatasi nyeri dan peradangan.

Protein Berkualitas

Konsumsilah ikan berminyak seperti salem, sarden, trout, tuna, teri, dan gemfish yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Selain itu, gantilah sumber protein yang tinggi akan lemak jenuh dengan protein yang berasal dari tumbuhan, seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang butter atau broad, lentils, dan split pea.

Sayuran segar

Sayuran sumber asam lemak omega-3 seperti sayuran hijau gelap dan kacang-kacangan juga merupakan pilihan yang sehat. Beberapa sayuran dan kacang-kacangan tersebut adalah bayam, kangkung, linseeds, dan kenari.

Beberapa sayuran juga dapat menjaga kesehatan hati dengan meningkatkan detoksifikasi hati yang membersihkan estrogen dalam tubuh, misalnya brokoli, kubis, dan brussel sprout.

Serat

Sumber serat yang baik untuk pencernaan seperti oat dan sekam psyllium juga baik untuk mengurangi peredaran ulang estrogen dari usus ke dalam sirkulasi. Cobalah sarapan dengan semangkuk bubur dan taburan psyllium pada smoothie atau segelas air untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Dengan diet ini, Anda bisa sekaligus menjaga tingkat kolesterol yang sehat.


Diet Terbaik Bagi Wanita originally appeared on :
Article & product discussion / comment