Konsumsi Multivitamin dan Kaitannya dengan Jumlah Serangan Jantung yang Lebih Sedikit pada Wanita
Oleh 02 June 2016

Konsumsi Multivitamin dan Kaitannya dengan Jumlah Serangan Jantung yang Lebih Sedikit pada Wanita

Riset terbaru menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi multivitamin harian memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Sebuah studi, yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, mengamati bahwa wanita tanpa riwayat penyakit jantung yang menggunakan multivitamin saja atau multivitamin dengan kombinasi dengan suplemen lain memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Hubungan tersebut lebih terlihat di antara wanita-wanita yang mengonsumsi multivitamin lebih dari 5 tahun.

Sebanyak lebih dari 30.000 wanita Swedia berumur 49-83 diikutsertakan dalam studi tersebut. Wanita tanpa riwayat penyakit jantung yang mengonsumsi multivitamin memiliki keterkaitan dengan risiko penyakit jantung 27% lebih rendah dan wanita yang mengonsumsi multivitamin dan suplemen lain memiliki keterkaitan risiko jantung 30% lebih rendah.

“Dari sudut pandang kesehatan masyarakat, penting untuk mengevaluasi apakah multivitamin sebaiknya direkomendasikan untuk mencegah infark miokard,” kata para peneliti.

Sebagian besar multivitamin mengandung berbagai variasi nutrisi, seperti vitamin antioksidan, vitamin B dan mineral seperti magnesium dan selenium.

“Potensi efek perlindungan dari multivitamin terhadap MI dapat muncul dari vitamin antioksidan, vitamin B, dan mineral apabila dimasukkan,” kata para peneliti. “Bahkan apabila multivitamin mengandung vitamin antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E dalam kadar rendah, multivitamin tersebut dapat turut mengurangi proses aterosklerotik dengan mengumpulkan radikal bebas. 

Apabila Anda tertarik untuk mencari lebih banyak terkait penelitian tersebut, Anda dapat membaca penelitian lengkapnya di sini:

Multivitamin use and the risk of myocardial infarction: a population-based cohort of Swedish women

Authors: S. Rautiainen, A. Åkesson, E.B. Levitan, R. Morgenstern, M.A Mittlemanand A. Wolk

American Journal of Clinical Nutrition

Published online ahead of print, doi: 10.3945/ajcn.2010.29371

 


Konsumsi Multivitamin dan Kaitannya dengan Jumlah Serangan Jantung yang Lebih Sedikit pada Wanita originally appeared on :
Article & product discussion / comment