Kulit Sehat Datang dari Dalam
Oleh 02 June 2016

Kulit Sehat Datang dari Dalam

Apabila Anda menginginkan kulit berkilau dan sehat yang terlihat muda dan ternutrisi, maka prioritas nomor satu Anda adalah pola makan Anda, tulis Jennifer McLennan.

Keindahan sejati datang dari dalam, termasuk juga untuk kulit. Rawat kulit Anda dari dalam ke luar dengan memelihara, menghidrasi, dan menyediakan antioksidan, vitamin, mineral, dan lemak esensial. Sebaliknya, pola makan yang buruk dan faktor luar seperti deterjen dan cuaca dapat memengaruhi kulit Anda dan menyebabkan kulit kering.

Bagian atas kulit didominasi oleh lapisan keratin pipih (protein) berisi sel-sel yang membentuk pelindung yang keras. Sel-sel ini membutuhkan waktu 25-45 hari untuk berpindah dari lapisan basal (bawah) epidermis ke lapisan atas. Semakin dekat dengan bagian atas, sel- sel ini memipih dan berisi lebih banyak keratin, terlihat seperti piring-piring yang ditumpuk acak. Di antara sel-sel epidermis ini terdapat lipids (asam lemak) yang membentuk penghalang kedap air.

Tahukah Anda? Rata-rata manusia melepaskan 18 kg serpihan kulit kering selama hidupnya!

Asam lemak esensial diperlukan untuk menyediakan sel-sel kulit sehat dan melembabkan hingga ke lapisan atas kulit. Asam lemak omega-6 dapat ditemukan pada makanan-makanan berikut:

  • Biji wijen 21,3 g/100 g
  • Kacang mete 7,8 g/100 g
  • Almond 12,2 g/100 g
  • Kacang kenari 38 g/100 g

Asam Gamma-linoleat, salah satu tipe dari asam lemak omega-6 ditemukan secara alami pada borage dan evening primrose oils, telah dinyatakan dapat membantu secara spesifik dalam memelihara kelembapan kulit.

Rekomendasi lain untuk menjaga kulit Anda terpelihara dengan baik:

  • Makan dengan pola makan yang tinggi nutrisi esensial dan antioksidan sangat penting untuk kulit sehat. Nutrisi dikirimkan ke kulit melalui sirkulasi.
  • Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian setiap hari. Buat trail mix anda dengan linseed, almond, biji labu, dan kacang-kacangan lain untuk perawatan kulit Anda yang bekerja dari dalam ke luar.
  • Hindari produk-produk yang mengandung sodium lauryl sulphate. Bahan kimia ini banyak terdapat pada hampir semua sampo, sabun cair, sabun, dan detergent. Bahan kimia ini mengangkat kandungan minyak di kulit.
  • Hindari bahan kimia. Kulit, seperti hati, merupakan organ pengeluaran dan tidak imun terhadap bahan kimia, campuran, atau produk sintetis. Banyak bahan-bahan tersebut yang tidak dapat melalui lapisan kulit dan dapat menyebabkan kerusakan karena kurangnya kelembapan.
  • Pengelupasan kulit dengan lembut secara teratur misalnya dengan sarung tangan atau pembersih alami dapat menghilangkan sel-sel kulit lama yang kering dan kurang nutrisi. Cara ini sangat membantu terutama ketika musim dingin.
  • Minum air. Targetkan untuk minum air sebanyak 2 liter per hari; ini akan membantu kulit tetap terhidrasi.
  • Hindari kondisi cuaca yang ekstrim. Terlalu banyak angin dan matahari dapat membuat sel-sel kulit kering dan menyebabkan kerusakan. Selalu gunakan topi, kacamata hitam, dan tabir surya SPF 30+ di bawah sinar matahari dan beri pelembab secara teratur setelah terpapar sinar matahari.
  • Beli pelembab alami yang bagus dan tidak mengandung pengharum; Anda bahkan bisa membuka kapsul evening primrose oil dan mencampurkan ke dalamnya.

Kulit Sehat Datang dari Dalam originally appeared on :
Article & product discussion / comment