Membangun Kembali Daya Tahan Tubuh Anda
Oleh 02 June 2016

Membangun Kembali Daya Tahan Tubuh Anda

Serangan flu, demam dan berbagai penyakit saluran cerna dapat membuat Anda terus menerus merasa lemas, letih dan tidak bertenaga. Naturopath Jodi Van Dyk menjelaskan berbagai langkah yang dapat dilakukan untuk membangun kembali daya tahan tubuh Anda.

Sistem kekebalan tubuh kita dapat mengalami perubahan naik dan turun. Saat musim penyakit dan tubuh kita terus menerus terpapar kuman, sistem kekebalan tubuh kita bisa menurun dan menyebabkan perasaan letih dan lemah untuk memerangi kuman- kuman lainnya.

 

Apakah Anda tahu saat sistem kekebalan tubuh kita sedang berjuang?

Tanda- tanda berikut mencerminkan sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi secara optimal :

  • Kelelahan
  • Lemas
  • Ketidakmampuan menghadapi penyakit ringan seperti demam ringan
  • Demam atau flu, nyeri tenggorokan, infeksi paru yang berulang
  • Mudah tertular penyakit

 

Membangun Kembali Daya Tahan Tubuh Anda dengan Nature’s tool box

Vitamin C

Komponen penting dalam sisten kekebalan tubuh, vitamin C, memegang peranan penting sebagai antioksidan. Suplemen vitamin C dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam memerangi radikal bebas penyebab penyakit.

 

Vitamin A

Vitamin A membantu kita menjaga kesehatan sel- sel terluar tubuh, yatu sel epitel. Sel- sel ini berada di bagian terluar dari banyak area tubuh, sepeti hidung dan mulut. Kesehatan sel epitel ini penting untuk menangkal berbagai kuman penyebab infeksi, namun infeksi berulang dapat menurunkan daya tahan sel tersebut.

 

Vitamin E

Seperti halnya vitamin C, vitamin E berperan penting sebagai antioksidan yang sangat berperan penting.

 

Zinc

Kadar zinc yang rendah di dalam tubuh mencerminkan lemahnya sistem kekebalan tubuh kita. Zinc ini memegang peranan dalam perkembangan sistem kekebalan tubuh dan menjaga fungsinya tetap optimal.

 

Echinacea spp.

Echinacea telah diketahui sejak lama memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh saat sedang musim flu dan demam. Penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menunjukkan Echinacea ini berperan dalam pertumbuhan sel- sel penting dalam sistem kekebalan tubuh.

 

Andrographis paniculata

Bahan alami lain, Andrographis, diketahui memiliki manfaat untuk meringankan gejala demam dan flu.  Andrographis ini adalah salah satu bahan alami hebat yang mampu membantu membangun sisrem kekebalan tubuh Anda.

 

Probiotik

Bakteri baik di usus sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan kuat. Bila terjadi ketidakseimbangan jumlah bakteri di salam usus, sistem kekebalan tubuh kita bisa menurun. Probiotik inilah yang membantu menjaga jumlah bakteri baik dalam usus dan mengoptimalkan sisitem kekebalan tubuh.

 

Faktor- faktor dalam gaya hidup yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 

Pola makan

Pola makan dengan nutrisi lengkap dan berimbang sangat penting dalam menunjang sistem kekebalan tubuh. Pola makan yang tinggi asupan buah, gandum utuh, daging tanpa lemak, dan minyak sehat dapat membantu melengkapi tubuh dengan berbagai vitamin serta mineral yang dapat membangun sistem kekebalan tubuh kita.

 

Pola tidur

Tubuh sangat memerlukan tidur yang cukup dan efektif untuk dapat beristirahat dan bangun dalam keadaan segar. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membawa dampak buruk bagi sistem kekebalan tubuh. Olehkarena itu sangat penting untuk menjaga proporsi tidur kita tetap cukup sehingga kekebalan tubuh kita juga tetap kuat dan sehat.

 

Apa yang harus dihindari saat membangun kembali daya tahan tubuh?

  • Gula
  • Konsumsi alkohol berlebih
  • Pola makan yang tidak terjaga
  • Kurang tidur

 


Membangun Kembali Daya Tahan Tubuh Anda originally appeared on :
Article & product discussion / comment