Pelindung Kulit Saat Musim Panas
Oleh 02 June 2016

Pelindung Kulit Saat Musim Panas

Hal- hal penting untuk melindungi kulit Anda di musim panas ini.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, paparan sinar matahari berlebih dapat merusak kulit dan mengakibatkan luka bakar serta penuaan dini pada kulit. Pada beberapa kondisi, paparan ini juga dapat menjadi pencetus terbentuknya sel- sel kanker.

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebih dan penuaan dini kulit yang diakibatkannya merupakan dampak dari pembentukan radikal bebas yang dicetuskan oleh sinat ultra violet (UV) pada kulit.

Sebenarnya secara alami kulit memiliki sistem antioksidan sendiri, namun sistem ini dirusak oleh paparan sinar UV.

 

Antioksidan untuk kulit di musim panas

Campuran Karotenoid

Sebuah penelitian di jerman menunjukkan bahwa suplemen yang berisi campuran betakaroten karotenoid, likopene, dan lutein dengan dosis masing- masing 8 mg dapat menurunkan reaksi eritema atau kemerahan akibat paparan UV.

Penelitian lain membandingkan konsumsi pasta tomat (sumber makanan yang kaya likopene) dengan minyak zaitun selama 10 minggu, hasilnya kelompok yang mengkonsumsi pasta tomat mengalami kemerahan akibat paparan UV yang lebih ringan  dibandingkan dengan kelompok yang mengkonsumsi minyak zaitun.

 

Lutein

Lutein terkenal akan manfaatnya dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, lutein ternyata juga berpernan dalam melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar UV. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lutein oles dan minum ampu memberikan efek fotoprotektif (perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar UV)

 

Vitamin C dan E

Vitamin C dan E dosis tinggi juga diketahui memiliki efek perlindungan terhadap luka kabar akibat paparan sinar matahari.

Makanan apa yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan perlindungan terhadap paparan sinar matahari?

Fokus terhadap antioksidan berikut ini untuk meningkatkan perlindungan kulit terhadap kerusakan akibat paparan berlebih sinar matahari

  • Betakaroten : wortel, rockmelon, brokoli, dan bayam
  • Likopen : tomat merah dan produk tomat lainnya (misalnya : pasta tomat), semangka, pink grapefruit, dan papaya. Produk tomat yang dimasak dengan minyak sehat ( misalnya : saus pasta tomat dengan minyak zaitun) dapat meningkatkan konsentrasi likopene di tubuh
  • Lutein : sayuran hijau (bayam, kale), kuning telur dan jagung manis
  • Vitamin C : capsicum, blackcurrants, strawberries, buah sitrus, dan semangka
  • Vitamin E : minyak sayur (misalnya minyak biji gandum), bayam, ubi manis, kuning telur, dan kacang kedelai

 

Apakah Anda tahu?

Betakaroten, lutein, dan likopene merupakan bagian dari karotenoid, kelompok yang beranggotakan setidaknya 600 jenis. Karotenoid terdiri dari sayur dan buah- buahan yang berwarna kuning-jingga. Selain itu, karotenoid juga terdapat pada beberapa produk hewan (misalnya : kuning telur, salmon)

Pada tumbuhan, karotenoid berperan membantu fotosintesis dan melindungi tumbuhan dari kerusakan akibat proses oksidasi. Dengan demikian, karotenoid dapat dianggap sebagai tabir suryanya tumbuhan.


Pelindung Kulit Saat Musim Panas originally appeared on :
Article & product discussion / comment