Coba Hal Ini untuk Mendapatkan Berat Badan yang Sehat
Oleh 14 September 2016

Coba Hal Ini untuk Mendapatkan Berat Badan yang Sehat

Mengapa serat menjadi bahan yang penting untuk menurunkan berat badan?

Memeroleh dan menjaga berat badan yang sehat bisa menjadi pekerjaan yang sulit. Anda boleh jadi sudah mencoba berbagai hal dan semuanya mulai dari berbagai mode diet, menghitung kalori, atau bahkan mencoba treatment ‘ajaib’ untuk menurunkan berat badan hanya untuk berakhir frustasi dan kembali ke titik awal.

 

Namun, menurut penelitian, memastikan Anda memakan serat yang cukup setiap hari dapat menjadi suatu hal yang membantu memeroleh dan menjaga berat badan sehat.

 

Penelitian yang dipublikasikan pada Annals of Internal Medicine menginvestigasi manfaat dari pola makan tinggi serat versus pola makan sesuai panduan yang direkomendasikan oleh American Heart Association (AHA) pada 240 partisipan dengan gejala terkait sindrom metabolisme (seperti kadar kolesterol tinggi, kadar gula tinggi, dan kenaikan tekanan darah).

 

Partisipan dibagi menjadi dua kelompok - satu kelompok mengikuti panduan pola makan AHA yang lebih terstruktur yang mencakup memerhatikan asupan kalori, mengurangi garam, dan membatasi makanan dan minuman manis (semua hal baik untuk dilakukan!). Kelompok lainnya harus meningkatkan asupan serat dari buah, sayur, dan gandum utuh hingga 30g.

 

Setelah 12 bulan, rata-rata penurunan berat badan dari kelompok AHA adalah 2,7kg dan rata-rata penurunan berat badan dari kelompok yang meningkatkan konsumsi serat adalah 2,1kg.

 

Tunggu, bukankah lebih banyak serat seharusnya dapat menurunkan berat badan lebih banyak?

 

Sementara kelompok AHA, rata-rata, menurunkan lebih banyak berat badan, peneliti mengatakan bahwa dengan intervensi yang diberikan pada kelompok serat hanya meningkatkan asupan serat hingga 30g per hari, cara ini dapat menjadi solusi yang lebih disukai oleh orang-orang yang memiliki kesulitan untuk mengikuti program terstruktur yang disesuaikan dan benar-benar merombak pola makan dan gaya hidup mereka saaat ini.

 

Associate Professor Amanda Salis dari Boden Institute of Obesity, Nutrition, Exercise, & Eating Disorder, Sydney University memberitahukan Sydney Morning Herald bahwa penelitian tersebut mendorong pada kesederhanaannya.

 

"Penting untuk diperhatikan, bagaimanapun juga, ini bukan berarti bahwa serat adalah 'perluru ajaib' baru untuk menurunkan berat badan", ujar Amanda Salis. "Terlebih lagi, ketika orang-orang berfokus pada meningkatkan asupan serat mereka juga membuat peningkatan terhadap pola makan mereka, sebagai 'efek samping' pasif."


Coba Hal Ini untuk Mendapatkan Berat Badan yang Sehat originally appeared on :
Article & product discussion / comment