Mendaki untuk Tubuh yang Lebih Baik
Oleh 10 August 2016

Mendaki untuk Tubuh yang Lebih Baik

Weight loss coach Andrew Cate menunjukkan bahwa latihan rutin di ruang terbuka dapat memberikan manfaat bagi tubuh dan pikiran.

Mendaki dan Pengendalian Berat Badan

Di samping menyenangkan, mendaki juga pilihan yang sangat baik untuk membakar lemak. Ada berbagai cara bagaimana mendaki dapat membantu pengendalian berat badan, seperti:

  • Mendaki cenderung memakan durasi yang lebih lama daripada berjalan di taman atau lapangan sehingga membantu Anda untuk membakar kalori dalam jumlah yang signifikan. Anda bahkan dapat membakar lebih banyak lagi jika membawa lebih banyak barang di tas punggung Anda.
  • Permukaan medan pendakian yang tidak rata membuat kegiatan mendaki dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan kegiatan berjalan di ruang terbuka pada umumnya. Paha, bokong, dan betis Anda juga akan mendapatkan manfaat latihan yang baik.
  • Permukaan medan yang tidak rata juga menyasar kestabilan otot perut Anda, terutama bagian inti perut. Hal tersebut mendorong pembentukan postur tubuh dan membantu mencegah cedera yang berarti Anda dapat melakukan program latihan rutin lainnya dengan konsisten
  • Pengalaman berjalan di lingkungan yang berbeda dan menyenangkan membuat Anda menemukan banyak hal baru dan menarik, membuat Anda tidak mudah bosan dan mudah untuk terus melakukannya.
  • Menghabiskan waktu di ruang terbuka dapat memulihkan pikiran dan mengendalikan stres yang juga dapat mengurangi kebutuhan untuk mengonsumsi comfort food.

Manfaat Mendaki yang Sudah Terbukti

Lingkungan, baik buatan maupun ruang terbuka, kini semakin diakui perannya dalam membatasi atau memfasilitasi kegiatan berjalan untuk kesehatan dan rekreasi.

Sebuah laporan ilmiah yang dilakukan Australian Institute of Health and Welfare menguji riset yang telah ada mengenai pentingnya lingkungan sekitar terhadap kesehatan. Laporan tersebut menekankan pada pentingnya akses ke ruang terbuka hijau.

Para peneliti menemukan bahwa akses mudah ke ruang terbuka hijau dengan fitur yang atraktif seperti pepohonan, air, dan hewan liar mengakibatkan jumlah dan frekuensi orang melakukan kegiatan berjalan yang lebih tinggi. Orang-orang yang berkegiatan di ruang terbuka hijau tiga kali lebih sukses dalam mencapai tingkat kegiatan fisik yang direkomendasikan dibandingkan dengan yang tidak berkegiatan di ruang terbuka hijau.

Studi lainnya yang disebutkan dalam laporan tersebut menunjukkan bahwa ruang terbuka hijau memberikan dampak positif terhadap pengelolaan stres melalui kegiatan dan latihan di ruang terbuka, paparan sinar matahari yang bersahabat, stimulasi indra serta pengalaman estetik yang positif.

Tips Mendaki yang Aman untuk Membakar Lemak Secara Maksimal

Tips berikut ini dirancang untuk memaksimalkan manfaat mendaki untuk penurunan berat badan sekaligus memastikan Anda agar mendapatkan pengalaman yang aman dan menyenangkan.

  • Carilah medan pendakian dan ruang terbuka hijau di sekitar lingkungan Anda, terutama yang memiliki banyak bukit dan tangga untuk memaksimalkan pembakaran kalori.
  • Minum air yang cukup agar tetap terhidrasi, terutama jika jalur pendakian Anda memakan waktu kurang dari 90 menit. Untuk jalur yang lebih panjang, cobalah diluted sports water atau sports drink unuk mendorong energi Anda dan menggantikan elektrolit tubuh. Semakin sedikit kalori yang Anda konsumsi, semakin banyak lemak yang akan terbakar.
  • Aturlah irama yang tepat selama mendaki, ayunkan lengan dan melangkah dengan semangat. Jika medan pendakian tidak stabil, persempit langkah Anda untuk meningkatkan keseimbangan. Ini akan membuat Anda berjalan dengan kecepatan dan ritme yang baik sekaligus mengurangi risiko jatuh.
  • Jika Anda mendaki sendiri, beri tahu lokasi dan perkiraan waktu pendakian kepada orang terdekat. Bawalah peta jika Anda menjajal jalur pendakian baru.
  • Pastikan Anda menggunakan alas kaki dengan kualitas yang baik, membubuhkan tabir surya, dan membawa air yang cukup serta camilan sehat. Ada baiknya Anda juga membawa perlengkapan untuk cuaca hujan dan P3K.

Mendaki untuk Tubuh yang Lebih Baik originally appeared on :
Article & product discussion / comment