Asam Lemak Omega-3 Terbukti Bermanfaat Bagi Kesehatan, Meskipun Terdapat Kontroversi Pada Analisis Terbaru
Oleh 02 June 2016

Asam Lemak Omega-3 Terbukti Bermanfaat Bagi Kesehatan, Meskipun Terdapat Kontroversi Pada Analisis Terbaru

Dalam dunia modern, banyak dari kita tidak mendapatkan asam lemak omega-3 yang cukup dalam diet. Asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat kesehatan dan membantu untuk menyehatkan jantung, otak, mata dan otot. Terdapat banyak bukti yang menunjukkan pentingnya mereka selama dalam siklus kehidupan, meskipun terdapat kontroversi pada penelitian terbaru.

Dalam dunia modern, banyak dari kita tidak mendapatkan asam lemak omega-3 yang cukup dalam diet kita. Asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat kesehatan dan bantuan untuk mendukung jantung, otak, mata dan otot. Ada bukti luas untuk menunjukkan pentingnya mereka didalam tahap kehidupan, meskipun muncul hasil penelitian terbaru yang kontroversial.

Metaanalisis, edisi Journal of American Medical Association yang diterbitkan pada 11 September, menilai peran suplemen omega-3 pada serangan jantung, stroke dan kematian.

Para peneliti dari University Hospital of Ioannina di Yunani menyimpulkan bahwa suplemen omega-3 tidak menurunkan risiko terhadap penyakit kardiovaskular, namun para pemimpin industri telah menolak temuan sebagai 'cacat' dan telah mengungkapkan keprihatinannya bahwa hasil penelitian tersebut tidak berhubungan

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Council for Responsible Nutrition (CRN), Duffy MacKay, ND, wakil presiden urusan ilmiah dan peraturan untuk CRN, berpendapat bahwa timpangnya hasil tersebut dipengaruhi oleh fakta bahwa studi pada individu yang sehat dikombinasikan dengan studi pada individu yang sakit di bawah perawatan obat.

Tidak mungkin bagi lima peneliti dapat mengontrol diet hampir 70.000 pasien selama beberapa tahun, dimana asam lemak omega-3 tersebar luas pada berbagai jenis makanan, MacKay menambahkan.

"Penelitian ini tidak mengubah rekomendasi saat ini yang dikeluarkan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), American Heart Association dan U.S. National Academies of Science, yang merekomendasikan konsumsi yang memadai dari lemak omega-3," kata Mackay.

Asam lemak Omega-3 adalah bagian dari biokimia dan struktur pembangun sel-sel, dan pada kenyataannya sebagai nutrisi penting bukan obat.

Direktur Pendidikan Blackmores, Pam Stone, mengatakan suplemen omega-3 merupakan cara yang efektif, terjangkau untuk mendapatkan manfaat nutrisi dari asam lemak omega-3.

"Banyak orang tidak mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan melalui makanan saja, terutama untuk omega-3," kata Stone. "Sebagian besar dari kita tidak sering makan ikan seperti seharusnya, dan saat itulah suplemen lebih memudahkan.

"Manfaat kesehatan dari suplemen omega-3 terdokumentasi dengan baik pada semua tahap kehidupan."

Manfaat asam lemak omega-3 terhadap kesehatan jantung pertama kali dilaporkan sekitar empat puluh tahun yang lalu. Sejak saat itu banyak bukti-bukti yang menunjukkan pentingnya asam lemak omega-3 selama masa kehamilan, menyusui dan kanak-kanak, serta untuk pemeliharaan kesehatan dan kesejahteraan secara umum untuk orang dewasa, dan kesehatan preventif lainnya.


Asam Lemak Omega-3 Terbukti Bermanfaat Bagi Kesehatan, Meskipun Terdapat Kontroversi Pada Analisis Terbaru originally appeared on :
Article & product discussion / comment