4 Cara untuk Mengalahkan Stres di Tempat Kerja
Oleh 02 June 2016

4 Cara untuk Mengalahkan Stres di Tempat Kerja

Seiring dengan akhir tahun yang mendekat, tingkat stres juga meningkat seperti ombak.

Seiring dengan akhir tahun yang mendekat, tingkat stres juga meningkat seperti ombak.

 

Saya memiliki deadline lebih banyak dari jumlah jari yang Saya gunakan untuk mengetik, sehingga Saya perlu bekerja lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih produktif. Yang membuat lebih tertekan adalah, stres tidak membuat saya bekerja lebih baik, stres membuat hal lebih buruk.

 

Apabila Saya terjaga pada malam hari memikirkan pekerjaan, Saya menjadi kurang tidur, sehingga Saya kekurangan energi untuk pekerjaan saya dan mengalami ketertinggalan.

 

Terlebih lagi, stres memiliki dampak pada hubungan dan kesehatan saya. Saya tidak menemukan waktu untuk bersilaturahmi dengan orang-oran terdekat saya (“Terlalu sibuk!”) dan aktivitas yang biasanya Saya lakukan untuk tetap waras, berjalan dan menulis jurnal, berguguran seiring waktu.

 

Beberapa hal biasanya muncul ke kepala dan Saya berakhir sakit. Tubuh saya berkata, “Cukup!”

 

Ini adalah beberapa hal yang saya lakukan untuk mencegah stres kerja, menjadi diri saya yang lebih baik, sebagai mana disarankan oleh American Psychological Association.

 

  1. Matikan dan dengarkan

Daripada membiarkan teknologi menguasai Anda, ciptakan waktu “turn off” untuk telepon genggam Anda. Sebagai contoh, Anda dapat mematikan telepon setelah jam 8 malam atau setiap hari Minggu. Apabila Anda membagi  niatan Anda melakukan hal tersebut kepada orang-orang dekat Anda, Anda cenderung tidak akan mendapat perlawananan!

 

  1. Buat To-do list

To-do list Anda selama setahun dapat menjadi sangat panjang. Pastikan Anda mencatat semuanya di kertas, daripada membuang-buang energi pikiran anda (dan stres) karena berusaha mengingat semua tugas-tugas. Kemudian prioritaskan tugas-tugas tersebut. Strategi ini juga membantu meningkatkan fokus Anda.

 

  1. Ambil istirahat pendek

Ketika Anda sibuk, Anda mudah lupa untuk beristirahat. Namun, cara ini bisa menguras cadangan energi Anda.  

 

Setiap beberapa jam, gunakan 10-15 menit istirahat untuk mengisi ulang energi Anda. Dengan begitu, Anda akan memeroleh peningkatan produktivitas.

 

  1. Temukan cara sehat untuk mengelola stres

Banyak yang beralih ke perilaku tidak sehat seperti merokok dan minum-minum sebagai cara untuk mengatasi stres, tetapi sebagai kebiasaan ini berdampak negatif pada kesehatan, hal-hal tersebut dapat menambah stres, bukannya mengurangi.


Berolahraga, meditasi atau berbicara dengan teman dan keluarga. Fokus pada perubahan hanya satu kebiasaan (buruk) pada suatu waktu. Tidak peduli bagaimana hal-hal dapat menjadi gila, sediakanlah waktu untuk diri Anda sendiri.


4 Cara untuk Mengalahkan Stres di Tempat Kerja originally appeared on :
Article & product discussion / comment