Inilah Alasan Mengapa Anda Mengonsumsi Cokelat Ketika Stres
Oleh 10 August 2016

Inilah Alasan Mengapa Anda Mengonsumsi Cokelat Ketika Stres

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa stres berpengaruh terhadap pengendalian diri dan menyebabkan kita memilih makanan yang enak dan memberi kenyamanan tetapi tidak sehat.

Anda merasa stres dan berada di bawah tekanan. Anda membutuhkan camilan. Jawablah dengan jujur, apakah anda akan memilih buah apel di meja atau sebatang cokelat yang Anda sembunyikan di laci atas?

Dalam sebuh studi, peneliti dari Swis menyelidiki bagaimana stres dapat mempengaruhi otak dan mengganggu pegendalian diri ketika dihadapkan dengan pilihan. Studi tersebut melibatkan 29 peserta yang menerima perlakuan yang dapat menimbulkan stres sebelum diminta untuk memilih satu di antara dua pilihan makanan.

Siapa yang Paling Membuat Anda Stres?

Tambahan peserta sebanyak 22 orang tidak menerima perlakuan tersebut. Mereka diamati dan dievaluasi ketika merendam tangan ke dalam air es selama tiga menit sebelum memilih dua opsi makanan.

Semua peserta yang terpilih sedang berupaya melakukan gaya hidup sehat, sehingga studi tersebut menghadapkan mereka dengan konflik antara mengonsumsi makanan lezat tapi tidak menyehatkan dan makanan sehat tapi tidak lezat.

Apa yang para peneliti temukan adalah bahwa kelompok yang diberikan tekanan cenderung memilih makanan yang tidak sehat dibandingkan kelompok yang tidak mendapatkan tekanan.

Dampak stres juga terlihat pada otak. Otak peserta yang menerima tekanan menunjukkan perubahan pola konektivitas antarbagian, menurunkan kemampuan individual untuk mengendalikan diri terhadap pilihan makanan. Hanya beberapa perubahan tersebut yang berkaitan dengan cortisol, hormon yang seringkali dihubungkan dengan stres.

Abaikan Stres – Risiko Ditanggung Sendiri 

“Temuan kami menjadi langkah penting untuk memahami interaksi antara stres dan pengendalian diri dalam otak manusia, dengan dampak dari stres berjalan melalui banyak jalur saraf,” jelas peneliti utama Laboratory for Social and Neural Systems Research dari University of Zurich, Silvia Maier.

Sebagai tambahan, sebagaimana disampaikan oleh Maier kepada Reuters, “Semakin Anda stres, semakin Anda tidak bisa mengendalikan preferensi pribadi ketika dihadapkan dengan tantangan yang rumit, misalnya saja sebatang cokelat favorit Anda dibandingkan dengan brokoli,”

“Bisa dikatakan stres menyalakan sinyal selera dan mematikan sinyal objektif kesehatan,” ucapnya.

Makanan apa yang paling tidak bsia Anda hindari ketika stres? Beri tahu kami pada kolom komentar!


Inilah Alasan Mengapa Anda Mengonsumsi Cokelat Ketika Stres originally appeared on :
Article & product discussion / comment