5 Asupan Terbaik untuk Kesehatan Sendi
Oleh 11 May 2018

5 Asupan Terbaik untuk Kesehatan Sendi

Ingin sendi tetap sehat sampai tua? Ini asupan yang wajib Anda konsumsi.

Ingin sendi tetap sehat sampai tua? Ini asupan yang wajib Anda konsumsi.

Berdasarkan survei nasional oleh the Centers for Disease Control and Prevention, sebanyak 30% orang di atas usia 18 tahun sering mengalami keluhan nyeri sendi. Artinya, keluhan ini bisa saja terjadi meski Anda baru berusia 20 atau sudah menginjak 70 tahun.

Nyeri sendi dapat terjadi seiring dengan pertambahan usia. Orang-orang yang mengalami kondisi ini akan mengeluhkan beragam gejala, mulai dari nyeri dan kaku sendi saat bangun tidur hingga pembengkakan pada sendi.

Agar terhindar dari nyeri sendi, berikut beberapa asupan yang wajib Anda konsumsi:

  1. Ikan berlemak

Menurut studi yang dilakukan oleh NYU Langone Medical Centre, ikan berlemak seperti makarel dan sarden, dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan-ikan tersebut dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh, termasuk mencegah kaku dan nyeri sendi.

  1. Sayuran hijau

Bok choy, bayam, kale, dan brokoli kaya akan kandungan sulforaphane. Ini adalah senyawa penghambat produksi enzim, yang berkaitan dengan peradangan dan perusakan sendi.

Tidak hanya itu, sayuran hijau tersebut juga mengandung antioksidan yang tinggi. Itulah sebabnya sayuran hijau mampu meringankan gejala nyeri sendi (artritis).

  1. Bawang bombay

Menurut penelitian di jurnal Biological Phramacology, quercetin yang terkandung di dalam bawang bombay dapat menurunkan keparahan gejala nyeri sendi. Selain itu, bawang bombay juga diketahui mengandung antioksidan, yang sangat baik untuk melawan proses peradangan di dalam tubuh.

  1. Susu rendah lemak

Berdasarkan studi dari Brigham and Women's Hospital di Boston, Amerika Serikat, minum susu rendah atau bebas lemak dapat menurunkan derajat keparahan nyeri sendi lutut atau osteoartritis.

  1. Seafood

Seafood seperti udang, lobster, serta kepiting mengandung glukosamin di dalam cangkang dan buntutnya. Berdasarkan The National Institutes of Health, glukosamin efektif dalam mengurangi keparahan nyeri, pembengkakan, dan kaku sendi.

Untuk mendapatkan manfaat glukosamin, Anda juga bisa menemukan kebaikan glukosamin pada suplemen yang dijual bebas di pasaran. Pastikan Anda mengonsumsi dalam dosis yang tepat untuk menjaga kesehatan sendi.

Meski asupan di atas dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi, pastikan Anda tetap memerhatikan porsi yang dikonsumsi. Ingat, segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan.


Article & product discussion / comment