Bagaimana Minyak Ikan Dapat Menjaga Kekuatan Otot
Oleh 02 June 2016

Bagaimana Minyak Ikan Dapat Menjaga Kekuatan Otot

Minyak ikan dikenal baik untuk jantung, otak, mata, dan sendi. Namun, dapatkah minyak ikan menjaga kekuatan otot? Kami merujuk sebuah penelitian yang menunjukkan manfaat minyak ikan bagi kesehatan otot.

Pentingnya Otot yang Sehat

Menjaga kesehatan otot sangatlah penting agar Anda dapat menua dengan baik. Anda dapat melihat penurunan kekencangan otot saat bertambah tua. Pengurangan awal pada otot dimulai sekitar usia tiga puluh tahun dan tampak adanya pengurangan sebesar satu hingga dua persen setiap tahunnya hingga usia lima puluh tahun.

Menjaga kesehatan otot ketika bertambah tua sangat penting untuk beberapa alasan. Penurunan kesehatan otot dapat menyebabkan penurunan fungsi secara fisik, peningkatan kelumpuhan, keringkihan, dan berkurangnya kemandirian. Kesehatan otot juga memainkan peranan yang lebih luas dalam kesehatan dan kesejahteraan. Menjaga massa dan kekuatan otot juga berarti membantu:

  • Menjaga tulang yang sehat
  • Menjaga berat badan yang sehat
  • Menjaga metabolisme gula darah yang sehat

Minyak Ikan dan Kekuatan Otot

Seperti yang Anda ketahui, minyak ikan kaya akan asam lemak esensial omega-3. Anda juga mengetahui bahwa latihan kekuatan dapat meningkatkan kekuatan otot. Dengan memeperhatikan faktor-faktor tersebut, para peneliti melakukan investigasi untuk membuktikan apakah pengonsumsian suplemen minyak ikan dapat memperbesar manfaat dari latihan kekuatan pada wanita usia lanjut, memperbaiki kesehatan sistem neuromuscular, meningkatkan kekuatan dan kinerja otot, dan apakah tambahan pengonsumsian suplemen sebelum memulai latihan memberikan efek yang lebih baik.

Penelitian yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition tersebut melibatkan 45 orang wanita berusia 64 tahun yang dibagi secara acak ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama melakukan latihan kekuatan hanya selama sembilan puluh hari; kelompok ke dua dan ke tiga juga melakukan latihan kekuatan yang sama, tetapi kelompok ke dua mengonsumsi dua gram minyak ikan per hari dan kelompok ke tiga mengonsumsinya setiap sebelum latihan.

Para peneliti menemukan bahwa seluruh kelompok mengalami peningkatan kekuatan otot sebagai hasil dari latihan otot yang dilakukan. Mereka juga menemukan bahwa dua grup yang mengonsumsi suplemen minyak ikan di samping melakukan latihan otot menghasilkan peningkatan kekuatan dan kinerja otot yang lebih besar. Namun, tidak ditemukan efek tambahan pada kelompok yang mengonsumsi minyak ikan sebelum melakukan latihan.

Gizi Kunci lainnya untuk Otot yang Sehat

Protein whey dapat membantu meningkatkan massa dan kekuatan otot, sementara vitamin D membantu menjaga kekuatan otot. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan dengan nyeri dan melemahnya otot.


Bagaimana Minyak Ikan Dapat Menjaga Kekuatan Otot originally appeared on :
Article & product discussion / comment