Komponen Penting Pembangun Tulang yang Kuat
Oleh 02 June 2016

Komponen Penting Pembangun Tulang yang Kuat

Setiap 5-6 menit, seorang pasien datang ke RS Australia dengan patah tulang akibat osteoporosis atau pengeroposan tulang. “Tingginya angka tersebut mencerminkan betapa pentingnya langka- langkah untuk mengingkatkan kesehatan tulang” tulis naturopath Kate Ferguson.

Kalsium : mineral tulang yang sangat penting

Kalsium berperan penting unutk menjaga kesehatan tulang. Kalsium ini merupakan komponen pembangun dan penjaga kekuatan tulang dan sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Cadangan kasium tersimpan di tulang.

Asupan kalsium kita dapatkan dari makanan yang kita makan. Beberapa sumber makanan yang banyak mengandung kalsium diantarnya produk olahan susu, sayuran hijau dan biji wijen.

Bila jumlah kalsium dalam tubuh kita rendah karena kurangnya asupan dari makanan, tubuh akan mengambil cadangan kalsium dari dalam tulang.

Berapa banyak kalsium yang kita butuhkan? Jumlah kalsium harian yang direkomendasikan adalah 1000 – 1300 mg per hari untuk pria dan wanita dewasa.

 

Vitamin D

Vitamin D3 adalah vitamin yang diproduksi tubuh setelah paparan sinar UV B dari matahari. Fungsi utama vitamin D ini adalah sebagai pengatur dalam regulasi kalsium dan fosfor melalui penyerapannya di usus, ginjal, dan pelepasan kalsium dari tulang ke darah. Bila tubuh kekurangan vitamin D, penyerapan kalsium di usus akan berkurang hingga setengahnya.

Berapa banyak vitamin D yang dibutuhkan? 

Jumlah asupan vitamin D yang dianggap cukup adalah 5-15 mikrogram.

 

Move it or lose it?

Seperti halnya kebutuhan kita untuk terus bergerak dan berolahraga demi menjaga kesehatan otot, aktivitas fisik juga sangat penting untuk kesehatan tulang. Tulang kita berisi struktur seperti sarang lebah. Tulang ini dilingkupi oleh sel-sel yang terus melakukan perbaharuan melalui proses remodeling. Proses ini menjamin sel-sel tulang yang sehat selalu tersedia untuk menggantikan sel yang sudah tua dan rusak.

Remodeling tulang memungkinkan tubuh untuk tetap menjaga kesehatan tulang dengan menyesuaikan beban yang dipikul oleh tulang. Jadi bagaimana cara kita meningkatkan kekuatan tulang dan menjaga kesehatannya? Sederhana, kesehatan tulang dapat dijaga dengan terus bergerak dan melatih otot dengan olahraga seperti berjalan, jogging, menari, latihan beban dan tenis.

 

Minyak ikan

Konsumsi asam lemak omega 3 dari minyak ikan secara teratur dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tulang. Sebuah penelitian yang dipublikasi di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan hubungan antara jumlah asam lemak di dalam tulang dan kepadatan tulang pada 78 pria dewasa.

Penelitian tersebut memaparkan bahwa asam lemak omega 3 khususnya bentuk docosahexaenoic acid (DHA) berperan positif dalam meningkatkan kepadatan tulang. Walaupun demikian berbagai penelitian masih perlu dilakukan untuk memastikan peranan omega 3 dari ikan dengan kesehatan tulang.


Komponen Penting Pembangun Tulang yang Kuat originally appeared on :
Article & product discussion / comment