Makanan yang Bermanfaat untuk Asam Urat
Oleh 02 June 2016

Makanan yang Bermanfaat untuk Asam Urat

Pola makan sehat merupakan hal penting untuk perawatan asam urat atau gout. Coba tambahkan beberapa makanan bermanfaat berikut ke dalam pola makan Anda apabila Anda menderita ketidaknyamanan akibat kondisi menyakitkan karena asam urat.

Asam urat atau gout merupakan salah satu jenis arthritis yang memiliki karakteristik serangan yang sangat menyakitkan dan berulang pada pembengkakan di sendi. Gout terjadi karena terbentuknya asam urat di darah dengan penumpukan Kristal asam urat pada sendi.

Cherry

Makanan yang wajib dimakan oleh penderita gout adalah buah ceri. Penggunaan buah ceri untuk meringankan gout pertama kali yang terdokumentasi adalah pada tahun 1950-an. Dr. Ludwig Blaux, yang juga penderita gout, menemukan bahwa ketika ia memakan buah ceri, gejala yang dirasakannya menurun. Hal tersebut mendorong Dr. Ludwig untuk mengadakan studi kecil-kecilan untuk mengonfirmasi penemuan awalnya.

Bagaimana buah ceri dapat membantu? Buah ceri kaya akan antosianin, antioksidan yang memiliki sifat antiperadangan. Terdapat pula beberapa bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi sekitar 45 buah ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, capsicum hijau, kacang kapri, dan kubis brussel dapat bermanfaat untuk penyakit gout karena sayuran-sayuran tersebut kaya akan vitamin C.

Sebuah studi prospektif 20 tahun meneliti hubungan antara konsumsi vitamin C dan risiko gout pada pria. Studi yang melibatkan lebih dari 46.000 partisipan menemukan bahwa konsumsi vitamin C yang lebih tinggi terasosiasi secara independen dengan risiko gout yang lebih rendah. Studi tersebut memperkirakan bahwa vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan ekskresinya melalui ginjal dan sifat antioksidan dapat membantu untuk menurunkan peradangan.

Nanas

Dengan karakteristik serangan gout yang menimbulkan rasa sakit dan peradangan, mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki sifat antiperadangan dapat membantu apabila Anda menderita gout. Salah satu makanan yang memiliki sifat antiperadangan tersebut adalah nanas yang dapat dijadikan sebagai bagian dari pola makan sehat.

Nanas mengandung bromelain, sebuah enzim proteolitik yang diduga memiliki peran antiperadangan. Peran ini muncul dari bromelain yang menghambat bradikinin, zat yang diproduksi dalam tubuh untuk meningkatkan aliran darah dan permeabilitas pembuluh darah kecil (yang dapat menyebabkan pembengkakan dan menyebabkan rasa sakit.)

Biji seledri

Biji seledri memiliki penggunaan tradisional sejak lama untuk menghilangkan kondisi-kondisi arthritis, terutama untuk gout. Biji seledri mengandung minyak atsiri dan flavonoid yang bertanggung jawab untuk peran terapeutik – termasuk sebagai diuretic dan antiperadangan.

Biji seledri diperkirakan dapat meningkatkan pengeluaran asam urat dan apabila dikombinasikan dengan sifat antiperadangannya akan dapat membantu penderita gout. Biji seledri dapat disajikan dan diminum sebagai teh.


Makanan yang Bermanfaat untuk Asam Urat originally appeared on :
Article & product discussion / comment