Mampukah Vitamin C Mencegah Penyakit Asam Urat?
Oleh 02 June 2016

Mampukah Vitamin C Mencegah Penyakit Asam Urat?

Penyakit asam urat yang memberikan rasa nyeri ternyata lebih banyak menyerang pria. Kami menemukan sebuah riset yang mengangkat vitamin C sebagai bahan penting dalam mencegah dan mengendalikan penyakit asam urat.

Apa Itu Penyakit Asam Urat?

Penyakit asam urat adalah radang sendi yang terjadi karena meningkatnya kadar asam urat – membentuk endapan kristal kecil di sekitar sendi dan tendon, menyebabkan radang, pembengkakan, dan rasa sakit yang hebat.

Bagian tubuh yang sering terserang penyakit asam urat adalah ibu jari kaki dan pergelangan kaki. Meskipun demikian, penyakit asam urat dapat menyerang bagian sendi manapun, bahkan asam urat juga bisa mengkristal di dalam ginjal dan membentuk batu ginjal.

Penyakit ini merupakan radang yang paling umum terjadi pada pria, terutama pria paruh baya, pria yang mengalami kegemukan, memiliki tekanan darah tinggi, atau memiliki keluarga dengan riwayat penyakit serupa.

Apa Hubungannya dengan Vitamin C?

Pereda nyeri dan obat-obatan yang dapat menurunkan kadar asam urat biasanya digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Namun, studi terkini menunjukkan titik baru mengenai peranan vitamin C dalam mengatasi dan mencegah penyakit asam urat.

Sebuah penelitian selama dua puluh tahun menguji 46.994 pria tanpa riwayat penyakit asam urat. Selama penelitian, pria-pria tersebut mendapatkan asupan vitamin C dari makanan dan suplemen yang dihitung setiap empat tahun. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan dengan jelas bahwa ketika asupan vitamin C meningkat, risiko serangan penyakit asam urat menurun.

Hasil tersebut mendukung penelitian terdahulu yang dilakukan dengan memberikan dua jenis tablet kepada relawan, yaitu lima ratus miligram vitamin C atau sebuah placebo berupa tablet nonaktif (relawan tetap berpikir bahwa mereka mendapatkan vitamin C). Relawan yang benar-benar mengonsumsi vitamin C selama dua bulan mengalami penuruan kadar asam urat yang signifikan dibandingkan dengan relawan yang menerima placebo.

Bagaimana Vitamin C Menurunkan Risiko Penyakit Asam Urat?

Menurut para peneliti, vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan mempercepat proses eliminasi pada ginjal. Vitamin C juga merupakan antioksidan sehingga juga dapat membantu menurunkan peradangan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Asupan Vitamin C?

Diet seimbang yang berisi banyak buah dan sayuran segar setiap hari dapat mendorong asupan vitamin C Anda. Makanan seperti jeruk, mangga, pepaya, stroberi, paprika, dan brokoli adalah sumber vitamin C yang baik.

Terapi Natural

Tekanan emosi dan kesehatan yang buruk dapat meningkatkan pengeluaran vitamin C dari dalam tubuh sehingga kebutuhan akan vitamin ini pun meningkat. Tubuh tidak dapat menyimpan banyak vitamin C dalam satu waktu, maka konsumsi harian secara rutin sangatlah penting.


Mampukah Vitamin C Mencegah Penyakit Asam Urat? originally appeared on :
Article & product discussion / comment