Nyeri Sendi, Kapan Perlu Konsumsi Suplemen?
Oleh 11 May 2018

Nyeri Sendi, Kapan Perlu Konsumsi Suplemen?

Jenis suplemen tertentu dapat membantu mengatasi keluhan nyeri sendi. Kapan suplemen ini perlu dikonsumsi?

Nyeri sendi merupakan keluhan yang sering dianggap sepele. Padahal, gejala yang terjadi akibat keluhan ini dapat sangat menganggu aktivitas, bahkan menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Perlu Anda ketahui, nyeri sendi paling sering disebabkan oleh proses peradangan pada sendi alias artritis. Selain nyeri, gejalanya juga dapat berupa pembengkakan dan kaku sendi, serta demam.

Jika gejala-gejala tersebut muncul, agar  tidak semakin memburuk Anda dianjurkan untuk minum suplemen, cukup istirahat, serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Beberapa suplemen yang dapat dikonsumsi oleh penderita artritis dengan keluhan nyeri sendi, di antaranya:

  1. Glukosamin

Suatu penelitian melaporkan bahwa 80% penderita pengapuran sendi atau osteoartritis yang mengonsumsi glukosamin dan chondroitin sulfat mengalami penurunan rasa nyeri.

Sejalan dengan itu, studi lain yang dipublikasikan di jurnal Arthritis and Rheumatism pada tahun 2011 menemukan bahwa rasa nyeri dan kaku sendi pada penderita osteoartritis yang rutin mengonsumsi glukosamin dan chondroitin berkurang.

  1. Omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, dan secara alami dapat diperoleh dari ikan sarden, mackerel, dan anchovy.  Studi yang dilakukan oleh Harvard University menyebutkan, omega-3 dapat berperan sebagai agen anti-inflamasi atau anti-peradangan, sehingga dapat membantu mengurangi gejala nyeri akibat radang sendi (artritis).

Suplemen-suplemen di atas memang terbukti dapat mengurangi tingkat keparahan nyeri sendi. Namun sebelum mengonsumsinya, ada baiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Ini untuk menentukan jumlah dosis dan jenis suplemen yang sesuai dengan kondisi Anda.


Article & product discussion / comment