Penanggulangan Alami untuk Gout
Oleh 02 June 2016

Penanggulangan Alami untuk Gout

Naturopath Siobhan Jordan memfokuskan kondisi radang sendi yang menyiksa ini dan kemudian menemukan cara alami untuk membantu meredakan nyeri yang diakibatkannya.

Apabila Anda pernah terbangun di pagi hari dengan sensasi kaki yang terasa sangat berat (bahkan sehelai bulu pun akan menjadi beban yang sangat menyiksa) maka Anda paham betul apa itu gout.

Radang sendi yang menyebabkan nyeri hebat ini dapat menyebabkan kekakuan sendi, kemerahan, dan bengkak. Kendati bisa mengenai sendi manapun di tubuh, sendi yang paling sering terkena adalah sendi besar.

Gout terjadi bilamana terdapat asam urat dalam jumlah yang berlebihan di dalam darah. Kelebihan asam urat di dalam darah ini akan tersimpan di sendi dan menyebabkan terbentuknya kristal asam urat. Akibatnya, penderitanya akan merasa nyeri dan radang.

Asam urat terbentuk akibat pemecahan purin, zat yang secara alami terdapat di dalam tubuh dan berbagai bahan makanan seperti jerohan hewan, asparagus, jamur, ikan herring, dan ikan anchovies.

Umumnya, asam urat larut di dalam darah dan akan dikeluarkan melalui air seni. Akantetapi pada gout terjadi kondisi yang berbeda dimana asam urat terlalu banyak terbentuk atau sistem pengeluarannya yang tidak sempurna berfungsi.

 

Faktor lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat :

  • Konsumsi alcohol berlebih, khususnya bir
  • Obat- obatan tertentu
  • Perubahan hormonal

 

Seorang pria yang memiliki riwayat gout di keluarganya juga memiliki risiko yang lebih tinggi terkena gout di kemudian hari.

 

4 cara menanggulangi gout

1. Waspada purin

Asam urat terbentuk dari pemecahan makanan yang mengandung purin. Bahan makanan yang banyak mengandung purin diantaranya sardine, daging merah, makanan laut, dan kacang- kacangan.

2. Batasi asupan alcohol

Konsumsi alcohol berlebih – lebih dari dua porsi per hari pada pria dan satu orsi pada wanita- dapat meningkatkan risiko terjadinya gout. PAda saat serangan akut gout, disarankan untuk menghindari alcohol sama sekali.

3. Tingkatkan asupan cairan

Cairan dapat membantu melarutkan asam urat. Olehkarena itu perbanyaklah konsumsi air (tentu saja air putih dan bukan bir!) untuk membantu mengatasi gejala gout dan menghindari kekambuhannya di kemudian hari.

4. Fokus pada 3C

  • Cherry

Cherry telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu mengatasi gout. Sebuah penelitian di University of California juga sejalan dengan budaya dalam masyarakat ini. Penelitian tersebut memaparkan bahwa konsumsi 280g cherry dapat menurunkan kadar asam urat dalam plasma darah dan juga meredakan peradangan.

  • Vitamin C

Sebuah penelitian yang telah dilakukan selama 20 tahun dan dipublikasi Maret lalu menunjukkan bahwa suplementasi vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya gout

  • Biji seledri

Bahan alami lain untuk membantu mengatasi gout, biji seledri mampu membantu menanggulangi gout dengan berfungsi sebagai diuretic dan anti peradangan.


Penanggulangan Alami untuk Gout originally appeared on :
Article & product discussion / comment