Penjelasan Tentang Glukosamin
Oleh 02 June 2016

Penjelasan Tentang Glukosamin

Glukosamin banyak digunakan dalam pengobaan nyeri akibat radang sendi atau osteoarthritis. Temukan manfaat lebih dari glukosamin dan ketahui bagaimana cara kerjanya.

Apa itu glukosamin?

Glukosamin terbentuk secara alami di dalam tubuh dan diperlukan dalam produksi bahan pembangun jaringan tubuh, yang dinamakan glikosaminoglikans.

Glukosamin juga banyak ditemukan di cangkang udang dan glongan crustacea.

Sebagian besar glukosamin yang terdapat dalam suplemen berasal dari ekstrak cangkang udang, lobster, dan kepiting.

 

Apa peranan glukosamin?

Glukosamin terkenal bermanfaat dalam membantu penanganan radang sendi atau osteoarthritis. Osteoarthritis adalah penyakit degeneratif pada sendi yang ditandai dengan degenerasi tulang rawan di dalam sendi. Kondisi muncul akibat proses penuaan dengan gejala utama : nyeri, kekakuan, keterbatasan gerak, dan bengkak.

Studi klinis menunjukkan bahwa konsumsi 1500 mg glukosamin per hari dapat membantu mengatasi nyeri, mengurangi kaku sendi dan keterbatasan gerak yang dialami seseorang dengan osteoartritis.

 

Bagaimana glukosamin bekerja?

Glukosamin menstimulasi tubuh menghasilkan glikosaminoglikans- komponen penyusun tulang rawan. Glukosamin ini juga berperan dalam produksi komponen lain penyusun jaringan sendi seperti tendon dan cairan synovial. Selain itu, glukosamin juga merangsang produksi asam hialuronat yang membantu lubrikasi kapsul sendi dengan cairan synovial dan berperan seperti peredam guncangan.

Seiring dengan proses penuaan, seseorang akan kehilangan kemampuannya untuk memproduksi jumlah glukosamin yang cukup di dalam tubuhnya.

 

Apa yang harus didapatkan

Glukosamin tersedia dalam bentuk glukosamin sulfat, glukosamin hidroklorida, dan N- asetilglukosamin. Glukosamin sulfat merupakan bentuk yang paling banyak digunakan dalam berbagai penelitian medis.


Penjelasan Tentang Glukosamin originally appeared on :
Article & product discussion / comment