Redakan Nyeri Sendi Anda dengan Berolahraga
Oleh 02 June 2016

Redakan Nyeri Sendi Anda dengan Berolahraga

“Saat nyeri sendi menghalangi aktivitas Anda, olahraga adalah penangkalnya” tulis sebuah penelitian terbaru dari Harvard

Sekalipun nyeri sendi membuat Anda berkeinginan untuk membatasi aktivitas, terus menerus diam justru akan memperparah kondisi dalam jangka panjang.  “Membatasi pergerakan akan membuat otot lebih lemas, memperberat permasalahan sendi, serta mempengaruhi postur tubuh  dan pada akhirnya hanya akan melipatgandakan permasalahan kesehatan di kemudian hari,” tulis sebuah laporan yang baru saja dirilis dari Harvard Medical School, US.

Hal- hal yang bermanfaat : olahraga yang tepat dan teratur. Faktanya para peneliti memaparkan bahwa tetap bergerak aktif dapat menghindarkan operasi pada sendi yang bermasalah.

 

Berikut ini adalah dua hal yang dianjurkan Harvard :

1. Kurangi berat badan

“memiliki berat badan berlebih akan meningkatkan risiko seseorang menderita osteoarthritis atau radang sendi, khususnya pada sendi yang menjadi tumpuan utama tubuh seperti sendi lutut- bahkan juga di tangan,” ujar para peneliti. Beberapa penelitian menunjukkan kelebihan berat badan dapat menstimulasi faktor peradangan di tubuh yang dapat mengakibatkan nyeri sendi.  Salah satu penelitian menyebutkan bahwa saat seorang wanita muda menurunkan berat badannya 5 kg, risikonya menderita osteoarthritis di kemudian hari menurun sebanyak 50%

2. Perkuat otot paha Anda

Setiap Anda melangkah, beban yang ditanggung lutu kita akan berlipat ganda. Fakta menunjukkan bahwa dengan berjalan mendatar saja lutut kita menanggung 1.5 kali beban dari berat badan tubuh. Saat kita menaiki tangga, beban lutut bertambah 2-3 kali dari berat badan tubuh, dan pada saat kita berlutut beban akan berlipat ganda hingga 4-5 kalinya.

“Untungnya, dengan memperkuat otot kita dapat membuat situasi jadi lebih baik,” ujar laporan penelitian tersebut- dan begitu pula bila kita melakukan usaha penurunan berat badan. Usahakan untuk berolahraga seeperti berjalan, berenang, berlari, dan bersepeda.

 

Terapi alami untuk meredakan nyeri sendi akibat osteoarthritis

Berdasarkan keterangan Russel Setright, penulis The A-Z Get Well Encyclopaedia of Natural Medicine For the Whole Family, glukosamin dapat membantu memperlambat perjalanan penyakit, dan juga mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkannya. Nutrisi ini bekerja dengan menstimulasi pembentukan tulang rawan dan menghambat kerja enzim penghancur tulang rawan. Dalam menangani osteoarthritis, kombinasi konsumsi bahan- bahan ini membantu memberikan hasil yang baik : minyak ikan, seledri, vitamin B5, dan glukosamin sulfat. Konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis professional untuk penggunaan individual.

 


Redakan Nyeri Sendi Anda dengan Berolahraga originally appeared on :
Article & product discussion / comment