Olahraga dan Kekebalan Tubuh
Oleh 02 Juni 2016

Olahraga dan Kekebalan Tubuh

Banyak dari kita yang memasukkan olahraga ke dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai kesehatan yang optimal. Jodi Can Dyk memerhatikan efek dari olahraga terhadap sistem kekebalan tubuh.

Banyak dari kita yang menggabungkan olahraga ke dalam aktivitas sehari-hari dalam upaya untuk memeroleh kesehatan yang optimal. Naturopath Jodi Van Dyk mengobservasi efek semua olahraga terhadap sistem kekebalan tubuh.

Olahraga secara teratur merupakan salah satu tanda hidup yang baik. Pastikan Anda memeroleh olahraga kardiovaskular serta latihan ketahanan untuk membantu meningkatkan berbagai parameter kesehatan.

Beberapa manfaat dari olahraga teratur adalah:

  • Meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan menurunkan risiko penyakit jantung kronis melalui penurunan kolesterol LDL, peningkatan kolesterol HDL, dan penurunan tekanan darah
  • Meningkatkan metabolism basal
  • Menurunkan lemak tubuh dan terutama lemak pada bagian perut
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan tingkat kebugaran

Dengan semua manfaat tersebut yang diperoleh dari olahraga, olahraga menjadi kegiatan yang harus kita coba masukkan ke dalam kegiatan mingguan.

Olahraga juga berdampak pada sistem kekebalan tubuh kita. Olahraga memiliki peran yang kompleks dan dianggap juga sebuah paradoks terhadap kekebalan karena olahraga dapat meningkatkan maupun menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga dapat bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Tiga studi pelatihan olahraga yang diacak dapat mendemonstrasikan bahwa olahraga yang dilakukan hampir setiap hari selama 12-15 minggu oleh para wanita yang sebelumnya tidak aktif diasosiasikan dengan pengurangan infeksi jalur pernafasan bagian atas yang signifikan. Olahraga tersebut terdiri dari jalan cepat selama 40-45 menit, 5 hari seminggu.

Bagaimana pun, semakin lama dan intens olahraga dapat menurunkan kekebalan – seperti pada atlet professional. Sebuah studi pada para pendayung elit mengindikasikan bahwa latihan dayung secara intense dan berkepanjangan dapat menurunkan konsentrasi protein saliva utama dari kekebalan mukosa bawaan, yang dapat menyebabkan seseorang berisiko lebih tinggi tertular penyakit. Dengan kata lain, jika Anda sering berolahraga pada intensitas tinggi setiap kali, Anda dapat lebih rentan terhadap penyakit.

Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan bahwa risiko Anda terkena infeksi tidak meningkat:

  • Ambil waktu istirahat yang cukup antar setiap olahraga dan waspada dengan latihan berlebihan.
  • Jangan merasa bersalah memiliki hari tanpa olahraga. Tubuh Anda akan berterima kasih akan hal itu!
  • Pertahankan pola makan makanan utuh yang sehat dengan banyak buah dan sayuran segar.
  • Cobalah untuk tidur delapan jam setiap malam.
  • Lengkapi dengan multivitamin berkualitas baik apabila Anda tidak memeroleh nutrisi kunci yang cukup dalam pola makan Anda.

 


Olahraga dan Kekebalan Tubuh originally appeared on :
Article & product discussion / comment