About US

Tentang Kalbe

Kalbe berdiri pada tahun 1966, Kalbe telah jauh berkembang dari usaha sederhana di sebuah garasi menjadi perusahaan farmasi terdepan di Indonesia.

Melalui proses pertumbuhan organik dan penggabungan usaha & akuisisi, Kalbe telah tumbuh dan bertransformasi menjadi penyedia solusi kesehatan terintegrasi melalui 4 kelompok divisi usahanya: Divisi Obat Resep (kontribusi 23%), Divisi Produk Kesehatan (kontribusi 17%), Divisi Nutrisi (kontribusi 30%), serta Divisi Distribusi and Logistik (kontribusi 30%).

Keempat divisi usaha ini mengelola portofolio obat resep dan obat bebas yang komprehensif, produk-produk minuman energi dan nutrisi, serta usaha distribusi yang menjangkau lebih dari satu juta outlet di seluruh kepulauan Indonesia.

Di pasar internasional, Perseroan telah hadir di negara-negara ASEAN, Nigeria, dan Afrika Selatan, dan menjadi perusahaan produk kesehatan nasional yang dapat bersaing di pasar ekspor.

Sejak pendiriannya, Perseroan menyadari pentingnya inovasi untuk mendukung pertumbuhan usaha. Kalbe telah membangun kekuatan riset dan pengembangan dalam bidang formulasi obat generik dan mendukung peluncuran produk konsumen dan nutrisi yang inovatif. Melalui aliansi strategis dengan mitra-mitra internasional, Kalbe telah merintis beberapa inisiatif riset dan pengembangan yang banyak terlibat dalam kegiatan riset mutakhir di bidang sistem penghantaran obat, obat kanker, sel punca dan bioteknologi.

Didukung lebih dari 17.000 karyawan, kini Kalbe telah tumbuh menjadi penyedia layanan kesehatan terbesar di Indonesia, dengan keunggulan keahlian di bidang pemasaran, branding, distribusi, keuangan serta riset dan pengembangan. Kalbe Farma juga merupakan perusahaan produk kesehatan publik terbesar di Asia Tenggara, dengan nilai kapitalisasi pasar Rp79,2 triliun dan nilai penjualan Rp20,2 triliun di akhir 2017.

Tanggung jawab sosial & lingkungan

Komitmen dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perlindungan terhadap lingkungan telah dijabarkan melalui produk dan layanannya, serta melalui pendekatan Perseroan dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Kalbe sepenuhnya menyadari bahwa dalam membuat keputusan-keputusan yang penting, Perseroan tidak saja harus mempertimbangkan dampaknya bagi kinerja usaha, tetapi juga melihat konsekuensinya bagi lingkungan dan masyarakat.

Untuk itu, Kalbe berkomitmen mengembangkan usahanya secara bertanggung jawab, antara lain melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility atau CSR). Perseroan berkomitmen untuk menempatkan filosofi dan sasaran tanggung jawab sosial sebagai bagian integral dari aktivitas usahanya. Oleh karenanya, komitmen Kalbe dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perlindungan terhadap lingkungan telah dijabarkan melalui produk dan layanannya, serta melalui pendekatan Perseroan dalam menjalankan kegiatan usahanya.

Program-program CSR Kalbe meliputi empat area penting berikut: pemberdayaan masyarakat; perlindungan lingkungan; praktik ketenagakerjaan, keselamatan dan kesehatan kerja; dan tanggung jawab produk.


Kegiatan Pengembangan Masyarakat

Kegiatan pengembangan masyarakat Kalbe dikelola oleh unit Corporate Social Responsibility di tingkat kantor pusat, yang langsung bertanggung jawab kepada Direksi. Unit tersebut bertanggung jawab mengelola aktivitas Kalbe Berbagi, sebagai payung dari seluruh kegiatan pemberdayaan masyarakat Perseroan.

Aktivitas Kalbe Berbagi dikategorikan ke dalam 4 pilar berikut:

Kalbe Berbagi - Kesehatan

Memfokuskan pada aktivitas peningkatan kesehatan masyarakat, sejalan dengan aktivitas usaha utama Perseroan, serta keyakinan bahwa akses ke layanan kesehatan merupakan hak dari setiap individu.

Kalbe Berbagi - Pendidikan

Dengan fokus pada inisiatif pengembangan pendidikan, khususnya di bidang pendidikan ilmu hayati.

Kalbe Berbagi - Lingkungan

Untuk membantu masyarakat membangun dan memelihara lingkungan yang baik dan sehat yang dapat mendukung peningkatan kualitas hidup.

Kalbe Berbagi - Sarana & Prasarana

Untuk membantu pembangunan Infrastruktur dasar, terutama yang berhubungan dengan perbaikan sarana kesehatan dan pendidikan.

Nilai-nilai Perusahaan

VISI

Menjadi perusahaan produk kesehatan Indonesia terbaik dengan skala internasional yang didukung oleh inovasi, merek yang kuat, dan manajemen yang prima.

MISI

Meningkatkan kesehatan untuk kehidupan yang lebih baik.

MOTTO

The Scientific Pursuit of Health for a Better Life


Sejak didirikan pada tahun 1966, pendiri Kalbe telah mewariskan nilai-nilai perusahaan yang kini menjadi pedoman bersikap dan bertindak bagi seluruh karyawan Grup Kalbe.

Melalui penggalian nilai-nilai utama yang terus lestari dalam sejarah perjalanan Kalbe, telah dirumuskan lima nilai Perseroan yaitu "Panca Sradha Kalbe" yang terdiri dari:

  • Saling percaya adalah perekat di antara kami
  • Kesadaran penuh adalah dasar setiap tindakan kami
  • Inovasi adalah kunci keberhasilan kami
  • Bertekad untuk menjadi yang terbaik
  • Saling keterkaitan adalah panduan hidup kami

Nilai-nilai Kalbe Panca Sradha ini merupakan mentalitas dasar untuk mempersatukan lebih dari 17.000 karyawan Grup Kalbe, yang beraktivitas di 24 entitas usaha di Indonesia dan di luar negeri.