5 Tips agar Anak Lahir dengan Sehat
Oleh 01 Maret 2020

5 Tips agar Anak Lahir dengan Sehat

Masa kehamilan hingga proses melahirkan adalah momen yang sangat istimewa bagi setiap perempuan. Tapi di balik itu semua, harapan terbesar orang tua adalah agar sang anak bisa terlahir dengan sehat. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mencapai hal tersebut? Sebelum akhirnya merawat calon bayi Anda nanti, Anda harus merawat diri sendiri terlebih dahulu dengan menjaga kehamilan tetap sehat. Sebab, menjaga kesehatan kehamilan tentu saja dapat membuat anak lahir dengan sehat.

Setiap orang tua tentu menginginkan anak terlahir dengan sehat. Untuk mencapainya, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

Masa kehamilan hingga proses melahirkan adalah momen yang sangat istimewa bagi setiap perempuan. Tapi di balik itu semua, harapan terbesar orang tua adalah agar sang anak bisa terlahir dengan sehat. 

Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mencapai hal tersebut? 

Sebelum akhirnya merawat calon bayi Anda nanti, Anda harus merawat diri sendiri terlebih dahulu dengan menjaga kehamilan tetap sehat. Sebab, menjaga kesehatan kehamilan tentu saja dapat membuat anak lahir dengan sehat.

Sayangnya, terkadang masih ada sebagian orang yang masih menyepelekan soal menjaga kesehatan kehamilan. Padahal, hal itu dapat berdampak langsung bagi tumbuh kembang bayi. 

Tips agar anak lahir dengan sehat

Kehamilan dapat menjadi suatu hal yang menantang sekaligus mendebarkan, terlebih jika pada kehamilan pertama Anda. Namun jangan khawatir, lakukan tips berikut ini agar anak bisa lahir dengan sehat:

  • Jaga pola makan yang sehat

 

Selama hamil, apa pun yang dikonsumsi tidak hanya dapat berpengaruh bagi diri Anda sendiri, tapi juga pada janin. Jika asupan selama kehamilan tidak memadai, maka janin tidak akan mendapatkan cukup nutrisi untuk berkembang.

Oleh karena itu, memastikan Anda selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan saat hamil. 

Selain itu, hindari konsumsi makanan yang memiliki risiko bagi ibu hamil. Misalnya saja, makanan mentah ataupun makanan laut yang mengandung merkuri seperti ikan tuna dan kerang. 

  • Olahraga teratur

 

Meski sedang dalam masa kehamilan, tetap aktif secara fisik akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu kurangi stres, kontrol berat badan, perbaiki mood, dan tingkatkan kualitas tidur Anda. 

Usahakan untuk tetap aktif berolahraga, minimal 30 menit setiap harinya. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan dan jangan terlalu memaksakan diri, terlebih jika sebelum hamil, Anda termasuk jarang berolahraga. 

Beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan, antara lain adalah pilates, yoga, atau berenang. Namun, sebelum memulai olahraga saat hamil, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  • Hindari zat berbahaya

 

Asap rokok, konsumsi alkohol, bahkan cat tembok dan kuteks pun dapat berbahaya bagi ibu hamil. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kelainan pada janin, keguguran, dan gangguan lainnya. 

Asap rokok dapat mengurangi aliran oksigen pada janin dan dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur dan komplikasi lainnya. Jika Anda tidak merokok, maka hindari menjadi perokok pasif karena Anda memiliki risiko yang sama seperti orang yang merokok. 

Selain itu, hindari sembarang mengonsumsi obat-obatan tanpa saran dokter. Obat yang rutin Anda konsumsi saat sebelum hamil, belum tentu tetap aman jika dikonsumsi saat hamil.

  • Jaga berat badan saat hamil

 

Sebelum hamil, ada baiknya bila Anda memiliki berat badan yang ideal untuk mengurangi risiko dan komplikasi kehamilan yang terkait dengan obesitas. 

Namun, jika Anda memiliki berat badan berlebih dan sedang hamil, jangan mencoba untuk menurunkan berat badan saat hamil, karena hal ini tidak aman dilakukan. 

Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan diri Anda dan janin adalah dengan rutin melakukan skrining kesehatan selama masa kehamilan. 

Penting juga untuk selalu menjaga pola makan sehat dan seimbang, serta melakukan aktivitas fisik setiap hari. Anda juga dapat berkonsultasi tentang pola makan sehat dengan dokter spesialis gizi.

  • Konsumsi vitamin untuk kehamilan

 

Bahkan, meski belum hamil dan masih menjalani program kehamilan, konsumsi vitamin dapat membantu menjaga kesehatan Anda.

Perkembangan saraf dan otak bayi terjadi pada bulan pertama kehamilan. Anda dapat menunjangnya dengan mengonsumsi nutrisi penting selama masa kehamilan seperti asam folat, kalsium, ataupun zat besi. 

Namun, hindari sembarang mengonsumsi vitamin saat hamil tanpa adanya saran dari dokter. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang vitamin yang dapat dikonsumsi.

Selain itu, beberapa vitamin juga dapat menyebabkan rasa mual saat dikonsumsi. Untuk menguranginya, sebaiknya konsumsi sesudah makan.

Satu hal lagi, untuk membantu menjaga kehamilan agar anak bisa lahir dengan sehat, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Salah satunya adalah Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Di dalamnya, Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mengandung 17 nutrisi penting untuk ibu hamil dan menyusui, termasuk asam folat, iodium, zat besi, kalsium, dan DHA. Semua kandungan ini dapat mendukung kesehatan bayi selama 1.000 hari pertama kehidupannya.

Itulah tips yang dapat Anda lakukan selama masa kehamilan agar anak bisa lahir dengan sehat. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pemeriksaan atau skrining kesehatan ke dokter spesialis kandungan secara rutin.


Article & product discussion / comment