Tips agar Kehamilan Terasa Menyenangkan
Oleh 01 Maret 2020

Tips agar Kehamilan Terasa Menyenangkan

Kehamilan merupakan salah satu momen paling istimewa yang dapat terjadi pada hidup seorang perempuan. Kehamilan dapat membawa pengaruh positif, kebahagiaan, dan harapan. Oleh sebab itu, Anda perlu menjalani masa kehamilan dengan perasaan gembira. Simak artikel ini untuk mengetahui tips yang dapat Anda lakukan agar kehamilan bisa terasa menyenangkan.

Kehamilan adalah momen istimewa bagi perempuan. Oleh sebab itu, lakukan tips berikut ini agar kehamilan terasa menyenangkan.

Kehamilan merupakan salah satu momen paling istimewa yang dapat terjadi pada hidup seorang perempuan. Kehamilan dapat membawa pengaruh positif, kebahagiaan, dan harapan. Oleh sebab itu, Anda perlu menjalani masa kehamilan dengan perasaan gembira. Simak artikel ini untuk mengetahui tips yang dapat Anda lakukan agar kehamilan bisa terasa menyenangkan.

Di sisi lain, ibu hamil juga berisiko mengalami perasaan negatif hingga depresi. Perasaan khawatir, cemas dan stres pada akhirnya dapat turut mempengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosi seorang ibu hamil.

Hal tersebut tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan si ibu hamil maupun janinnya. Dengan demikian, sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu bahagia dan bersikap positif.

Lakukan ini agar kehamilan bisa terasa menyenangkan

Agar masa kehamilan bisa terasa menyenangkan, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Terapkan pola makan sehat

 

Seiring bertambahnya usia kehamilan, Anda dapat mengalami kelelahan akibat perubahan fisik dan hormon. 

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menjaga pola hidup sehat melalui pengaturan pola makan. 

Menu makanan sehari-hari yang Anda konsumsi saat hamil sebaiknya lebih ‘sehat’ dibandingkan dengan saat tidak hamil. 

Diet yang bergizi seimbang akan membuat ibu hamil lebih berenergi (baik secara fisik, maupun emosional), sehingga akan turut memberi dampak positif pada perkembangan janin.

  • Berolahraga secara teratur

 

Berolaraga secara teratur akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda, termasuk saat hamil. 

Dengan olahraga yang teratur, tubuh akan dapat lebih mudah beradaptasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi saat kehamilan.

Selain itu, saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon ini akan berikatan dengan reseptor di otak yang dapat mengurangi persepsi rasa sakit.

Endorfin juga memiliki efek yang hampir serupa dengan morfin, yaitu dapat membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan merasa positif. Olahraga yang dapat menjadi pilihan untuk dilakukan saat hamil, antara lain jalan kaki, berenang, yoga, atau pilates. 

 

  • Relaksasi dan meditasi

 

Menurut penelitian yang dilansir di the Journal Psychology & Health, ibu hamil yang melakukan meditasi secara rutin akan berkurang tingkat stres dan kecemasannya. 

Melakukan meditasi juga dapat membantu Anda menjadi lebih fokus, bahkan dapat membantu mengurangi gejala mual di pagi hari. 

Lalu, Anda juga bisa melakukan latihan yoga. Sebab, latihan pernapasan saat yoga juga dapat membantu membuat pikiran Anda menjadi lebih jernih dan terhindar dari pikiran negatif.

  • Manjakan diri sendiri dengan melakukan me-time

 

Salah satu tujuan seseorang melakukan me-time adalah untuk menghilangkan stres, termasuk yang diakibatkan oleh proses kehamilan. 

Melakukan hobi atau kegiatan yang Anda sukai saat me-time sangat efektif dalam menurunkan tingkat stres. Dengan menyendiri dan tanpa adanya gangguan dari orang lain, Anda hanya akan fokus pada diri sendiri. 

Pikiran Anda pun bisa menjadi lebih jernih dan lebih fokus dalam berpikir dan menyelesaikan masalah. Hal ini akan bisa membuat Anda merasa lebih bahagia, yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif bagi janin. 

  • Menyiapkan diri menjadi orang tua

 

Terkadang, yang membuat seseorang menjadi stres saat hamil ataupun sesudah melahirkan adalah karena merasa tidak siap untuk menjadi orang tua. 

Menjadi orang tua tentu merupakan momen yang penuh dengan tantangan baru. 

Lakukan banyak riset mengenai kehamilan dan menjadi orang tua. Misalnya dengan membaca buku, bertanya pada ahlinya, atau berbagi pengalaman dengan orang lain yang sudah pernah hamil dan memiliki anak. Dengan persiapan yang matang, maka akan meminimalkan tingkat stres Anda.

Tips di atas tidak hanya ampuh untuk para ibu hamil yang belum mengalami stres, tapi juga bisa dilakukan untuk meredakan stres bagi ibu hamil yang sudah mengalaminya. 

Selain itu, salah satu kunci untuk membuat masa kehamilan jadi terasa menyenangkan adalah bila kondisi kehamilan selalu terjaga kesehatannya. 

Pastikan kebutuhan akan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi kehamilan, seperti asam folat, iodium, zat besi, kalsium, dan DHA, dapat terpenuhi. Bila perlu, Anda dapat mengonsumsi suplemen tambahan. Untuk menjaga kesehatan selama kehamilan dan menjaga kualitas ASI, ibu juga dapat mengonsumsi suplemen multivitamin. Antara lain yang mengandung minyak ikan alami, asam folat, zat besi, serta vitamin dan mineral lainnya yang membantu kesehatan ibu dan perkembangan buah hati selama masa kehamilan dan menyusui..

Itulah tips yang dapat Anda lakukan untuk membuat kehamilan terasa menyenangkan. Siapkan diri Anda untuk menghadapi segala kemungkinan yang dapat terjadi dan bersikap fleksibel agar terhindar dari stres berlebih. Lakukan hal-hal yang positif dan dapat membuat Anda bahagia. Jika Anda bahagia, maka dapat berdampak baik juga pada perkembangan janin.


Article & product discussion / comment